Terpilih Secara Aklamasi, Rektor UNS Pimpin MRPTN

18 Jan 2020 06:39 Pendidikan

Prof Dr Jamal Wiwoho SH, M Hum Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) terpilih sebagai ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (MRPTNI).

Mantan Inspektur Jenderal Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi ini terpilih secara aklamasi untuk menggantikan Rektor ITB Prof Dr Kadarsah Suryadi DEA untuk masa jabatan tahun 2020- 2021.

Jamal Wiwoho terpilih dalam rapat MRPTN yang berlangsung hari di Hotel Atlit Century kawasan Senayan Jakarta, pada Jumat malam 17 Januari 2020. Rapat dihadiri oleh 56 dari 87 pimpinan perguruan negeri yang bergabung dalam perkumpulan MRPTN.

Pemilihan ketua yang dipimpin langsung oleh Rektor ITB tersebut diikuti oleh hampir seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia, berjalan lancar dan demokratis.

Jumlah perguruan tingginegeri di Indonesia berjumlah 122 yang terdiri 63 universitas, 12 Institut, 4 Akademi, dan 43 Politeknik atau 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), 34 Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) dan 77 Perguruan Tinggi Satuan Kerja (PTN Satker/ PNBP).

MRPTN atau CRISU (Council of Rector of Indonesia State University) merupakan wadah para pimpinan perguruan tinggi negeri untuk membangun jejaring sinergik di antara PTN dan lembaga-lembaga lain se-Indonesia.

MRPTN yang dibentuk oleh para pimpinan perguruan tinggi negeri se Indonesia ini bertujuan untuk membangun jejaring sinerjik diantara perguruan tinggi negeri dan lembaga lainnya; mengembangkan sistem pendidikan nasional guna meningkatkan mutu SDM Indonesia yang berkelanjutan.

Kemudian merumuskan rekomendasi bagi penyelenggaraan pendidikan di Indonesia; mengembangkan seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional; melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini