Polisi Norwegia mengatakan tersangka tampaknya bertindak sendirian. (Foto: bbc)

Teroris Serang Jamaah Masjid Al-Noor Islamic Centre, Norwegia

Internasional 11 August 2019 19:26 WIB

Tindak terorisme terhadap umat Islam merebak hingga ke Norwegia. Kali ini, sorang lelaki berhasil ditangkap aparat berwenang Norwegia setelah melakukan teror di sebuah masjid pada hari Sabtu 10 Agustus 2019. Serangan teroris itu, mengarahkan tembakan pada seorang sasaran hingga seorang terluka.

Pihak berwenang Norwegia mengatakan, tersangka tampaknya bertindak sendirian. Polisi mengatakan seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di Al-Noor Islamic Centre, di dekat ibu kota Oslo.

Belakangan, seorang wanita ditemukan tewas di rumah tersangka, kata polisi.

Asisten kepala polisi Rune Skjold mengatakan bahwa tersangka "berusia sekitar 20 tahun, seorang warga Norwegia dari daerah setempat." Ia menambahkan bahwa pria itu sekarang dicurigai telah membunuh seorang kerabatnya.

"Kami menganggap ini kematian yang mencurigakan... Orang yang meninggal itu terkait dengan orang yang ditangkap sebelumnya hari ini," ujarnya.

Polisi mengatakan lelaki itu bertindak sendiri ketika menyerang masjid.

Direktur masjid mengatakan kepada media setempat bahwa korban adalah seorang jemaah masjid berusia 75 tahun.

"Salah satu jemaah kami telah ditembak oleh seorang pria kulit putih yang mengenakan helm dan seragam," kata Irfan Mushtaq kepada surat kabar lokal Budstikka.

Ia kemudian mengatakan kepada saluran televisi lokal TV2 bahwa si penyerang "membawa dua senjata mirip-shotgun dan sebuah pistol. Ia mendobrak pintu kaca dan melepaskan tembakan."

Pria bersenjata itu, yang mengenakan pelindung tubuh, diserbu oleh orang-orang di masjid sebelum polisi tiba di tempat kejadian, tambah Mushtaq.

Sumber di kepolisian mengatakan kepada penyiar publik NRK bahwa beberapa senjata ditemukan di dalam masjid, yang terletak di kota Baerum, menyusul penembakan itu.

Masjid itu sebelumnya menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan setelah seorang pria bersenjata membunuh 51 orang di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, awal tahun ini, menurut kantor berita Reuters.

Sebelumnya, terorisme bergerak di Selandia Baru. Selain itu, juga di India, Pakistan dan Afghanistan. Di Selandia, mereka memberondok umat Islam yang sedang beribadah Salat Jumat, hingga puluhan jiwa melayang. Kini kasusnya sedang ditangani pihak berwenang negeri tersebut. (bbc)

Penulis : Riadi

Editor : Arif Afandi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Apr 2020 13:06 WIB

Darurat Covid-19, Sri Mulyani Kejar Pajak Zoom dan Netflix

Ekonomi dan Bisnis

Perusahaan ini berada di luar Indonesia namun pajaknya tetap bisa dipungut.

31 Mar 2020 21:37 WIB

PGN Pastikan Pasokan Gas ke Sektor Kelistrikan Aman

Ekonomi dan Bisnis

Selama pandemi Covid-19, PGN jamin pasokan gas aman.

31 Mar 2020 16:00 WIB

Polda Jatim Perpanjang Penutupan Dua Jalan Protokol di Surabaya

Surabaya

Penutupan dilakukan dalam rangka penanganan virus corona

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.