Petugas menempelkan stiker 'Ayo Pakai Masker' dalam Operasi Yustisi yang di gelar di Jl. A. Yani (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Petugas menempelkan stiker 'Ayo Pakai Masker' dalam Operasi Yustisi yang di gelar di Jl. A. Yani (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Terjaring Operasi Masker, Warga Anggap Pandemi Sudah Mereda

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 02 December 2020 12:55 WIB

Pandemi covid-19 masih belum berakhir. Namun ada masyarakat yang menganggap pandemi ini sudah mereda.

Hal ini terungkap dalam Operasi Yustisi yang digelar aparat gabungan di Jalan A Yani Banyuwangi, Selasa, 1 Desember 2020 malam. Dalam operasi itu, ada seorang pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan masker karena menganggap pandemi sudah mulai mereda.

"Tadi keburu, lupa. Sudah pudar (covid-19), sudah selesai kayaknya. Jadi gak terlalu seperti awal-awal dulu. Sekarang masyarakat seperti sudah biasa,” ujar Indra, pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker dengan nada santai.

Operasi Yustisi ini juga menjaring beberapa ibu-ibu yang naik angkot dan beberapa pengendara mobil pribadi yang tidak mengenakan masker. Selebihnya, ada beberapa orang yang menggunakan masker namun penggunaannya kurang baik dan benar. Para pelanggar ini kemudian diberikan sanksi berupa teguran tertulis dan diberikan masker gratis untuk dipakai.

Selama pelaksanaan Operasi Yustisi, petugas menyampaikan pemahaman bahwa pandemi covid-19 masih belum usai. Sehingga penerapan protokol kesehatan yang meliputi menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, wajib dilakukan secara disiplin. 

“Jangan lengah, tetap harus menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah,” kata KBO Satlantas Polresta Banyuwangi, Iptu Taufan Akbar.

Dalam razia malam itu, menurut Taufan, ada 34 orang yang diberikan teguran tertulis. Sementara 52 orang lainnya diberikan teguran lisan. Jenis sanksi ini disesuaikan dengan pelanggaran yang dilakukan masing-masing orang.

“Himbauannnya kami, masyarakat kita harapkan senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Selain mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan, pada Operasi Yustisi itu petugas juga memasang stiker ‘Ayo Pakai Masker’ pada kendaraan. Baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Pemasangan stiker ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jan 2021 02:24 WIB

Empat Ciri Masjid NU, Berdasarkan Alamiah Ibadah

Khazanah

Penjelasan Ustaz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur

18 Jan 2021 22:40 WIB

Wapres Dukung Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Nasional

Gerakan nasional donor plasma konvalesen perlu solidaritas masyarakat.

18 Jan 2021 22:30 WIB

Bahas Transfer ke Fenerbahce, Mesut Ozil Tiba di Istambul Turki

Liga Inggris

Gelandang Arsenal ini akan bermain di klub Fenerbahce.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...