Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Head Customer Experience & Service Operation XL Axiata, Ilham Yuniawan (kanan), memantau pergerakan trafik di ruang monitoring Customer Experience and Service Operation Center ( CESOC ) yang ada di kantor pusat XL Axiata, Jakarta, Senin 16 Maret 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Terjadi Peningkatan, XL Siagakan Tim Jaringan Tingkatkan Layanan

Teknologi dan Inovasi 16 March 2020 21:52 WIB

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siagakan tim jaringan untuk menjaga dan menyiapakn jaringan dengan kapasitas tinggi yang memadai. Ini dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang kini lebih banyak menghabiskan waktu kerja dan belajarnya di rumah atas imbauan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), akibat merebaknya virus corona.

Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, upaya tersebut dilakukan berdasarkan data peningkatan traffic penggunaan terkait virus corona.

“Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan WhatsApp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa.” kata Darmayusa saat dikonfirmasi, Rabu 16 Maret 2020.

Menurut Darmayusa, semakin banyaknya kantor yang meminta karyawan bekerja dari rumah, sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah, juga perkuliahan secara daring maka akan meningkatkan akses ke jaringan internet.

Pihak XL Axiata akan terus memantau informasi dari masyarakat dan sistem monitoring jaringan Customer Experience and Service Operation Center yang ada di kantor pusat XL Axiata, untuk mengetahui di area mana saja terjadi kenaikan trafik.

"Hingga saat ini, kapasitas jaringan XL Axiata yang ada masih bisa melayani kenaikan trafik yang terjadi," sambung dia.

Baginya, saat ini yang mendapat perhatian adalah wilayah perkotaan di pusat bisnis, pemukiman dan wilayah kampus yang mendapat perhatian lebih. Diperkirakan akan ada potensi peningkatan penggunaan 10-15 persen.

“Kami akan terus memantau perkembangan yang ada terkait dinamika masyarakat yang menerapkan work from home dan penerapan belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa. Tim siap memastikan jaringan aman, tanpa mengabaikan sisi kesehatan dan keselamatan kerja,” paparnya Darmayusa.

Sejak awal Maret, perkembangan virus corona masuk ke Indonesia, XL Axiata terus melakukan berbagai langkah, termasuk proaktif membantu pemerintah melalui edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan antisipasi untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut.

"XL Axiata juga melakukan pengetatan lingkungan kerja guna mencegah penyebaran virus corona," tutur Darmayusa.

Sejumlah prosedur pengamanan telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2020, dan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya resiko penyebaran virus berdasarkan perkembangan data kasus baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Langkah pengamanan ini ditempuh sebagai bagian dari upaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan saat ini dan di masa mendatang.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 13:03 WIB

Film Hunt for Eagle One, Misi Tentara AS Melawan Pemberontak

Film

Misi marinir AS menyelamatkan kaptennya dari gerombolan pemberontak.

14 Aug 2020 12:45 WIB

ASN Terkonfirmasi Covid, Pemkot Batu Terapkan Kebijakan WFH

Jawa Timur

Diketahui ada 2 ASN di DPRD dan 1 ASN di Dinkes positif Covid-19.

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...