Mantan pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad alias Owi dan Liliyana Natsir alias Butet. (Foto: Dok. PBSI)

#TerimaKasihOwi Jadi Trending

Bulutangkis 18 May 2020 15:20 WIB

Pebulutangkis Tontowi Ahmad alias Owi gantung raket. Dia sendiri menyatakan pamit atau pensiun dari dunia bulu tangkis yang telah membesarkan namanya melalui akun media sosial Instagram @tontowiahmad_ pada Senin pagi, 18 Mei 2020.

Kabar ini langsung jadi bahasan netizen di Twitter. Dengan melambungkan tagar #TerimaKasihOwi, netizen menyampaikan salam perpisahan dan mengucapkan terima kasih kepada pebulutangkis spesialis ganda campuran Indonesia itu.

Seperti yang disampaikan @gitamusic07, “Terimakasih bang owi atas dedikasinya utk bulutangkis Indonesia. Terimakasih bang owi atas emas olimpiadenya, gelar juara dunianya, gelar All Englandnya, dan puluhan gelar lainnya utk Indonesia. Happy Retirement LEGEND! #TerimaKasihOwi.”

Ada juga @Taufik_Rahmawan yang mencuitkan, “Happy Retirement (selamat istirahat), Owi. Thank you for everything you’ve done for this country. Thank you for all the medals and achievements (terima kasih untuk semua yang semua yang sudah diberikan kepada negara ini, terima kasih untuk medali dna prestasimu). #TerimaKasihOwi.”

Tontowi Ahmad Owi umumkan gantung raket di Instagram Senin 18 Mei 2020Tontowi Ahmad (Owi) umumkan gantung raket di Instagram, Senin 18 Mei 2020.

Salah satu tokoh yang langsung memberi komentar terhadap pamitnya Owi adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak lewat akun @emildardak.

"Terima kasih atas dedikasinya membela merah putih di ajang internasional. Semoga terus diberi kesuksesan dalam menempuh jalan yang dipilih selanjutnya, dan untuk terus menyemangati generasi berikutnya dalam meneladani mas @tontowiahmad_," tulis Emir Dardak.

Penyataan Emil Dardak itu langsung dibalas oleh Owi, "Aminn terima kasih bpk wagub."

Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta, Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah melalui akun media sosialnya @gusmiftah menulis, "Terima kasih pahlawan @tontowiahmad_"

Tak lupa bapak dua anak itu langsung membalas komentar Gus Miftah, "Dongakaken (doakan) Gus biar berkah selalu hidupku."

Dari pelatnas Cipayung, Fajar Alfian juga langsung merespon. "Terima kasih ats dedikasimu untuk Indonesia. Semoga sukses dalam kariernya mas Owix," ditambah emogi menangis.

Prestasi

Owi mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya setelah sederet prestasi level internasional diraih. Apalagi pasangan idealnya yaitu Liliyana Natsir alias Butet sudah terlebih dahulu pensiun, sehingga membuat prestasi pemain berusia 32 tahun kurang maksimal.

Bersama dengan Butet banyak prestasi yang diraih mulai juara di Macau Open, Indonesia Masters, India Open, Malaysia Masters, Singapore Open, SEA Games, All England, Swiss Open, World Championship, China Open, French Open, Asia Championship, Indonesia Masters, dan puncaknya emas Olimpiade Rio 2016.

Setelah Butet mundur pada Januari 2019, Tontowi berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow. Sayang, hasilnya tidak terlalu impresif.

Owi/Winny bahkan tidak mampu menembus semifinal ajang BWF Tour 2019. Pencapain terbaik mereka adalah perempat final All England 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:59 WIB

Napoli Vs AC Milan: Penalti Kessie Selamatkan Milan

Liga Italy

Napoli Vs AC Milan berbagi poin di San Paolo.

13 Jul 2020 06:49 WIB

Gus Kamil, Pewaris Jalan Politik Kiai Maimoen Zubair

Tokoh

Sebagai Ketua DPRD Rembang, tetap mengajar di Pesantren Al-Anwar

13 Jul 2020 06:46 WIB

Pejabat PBB: Putra Mahkota Saudi Tersangka Pembunuhan Khashoggi

Internasional

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman disebut sebagai tersangka utama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...