Tom Dumoulin pensiun dan meninggalkan training camp Team Jumbo Visma Sabtu, 23 Januari. (Foto: Istimewa)
Tom Dumoulin pensiun dan meninggalkan training camp Team Jumbo Visma Sabtu, 23 Januari. (Foto: Istimewa)

Terima Kasih, Tom Dumoulin!

Ngopibareng.id Gowes Bareng 25 January 2021 10:05 WIB

Tom Dumoulin (Team Jumbo-Visma) memutuskan untuk pensiun dari dunia balap profesional. Pembalap asal Belanda ini meninggalkan training camp Team Jumbo-Visma pada hari Sabtu.

Padahal, sehari sebelumnya, Jumat 22 Januari, Team Jumbo-Visma mengumumkan bahwa Tom Dumoulin menjadi pemimpin tim ini di Tour de France bersama Primoz Roglic.

“Saya mengambil keputusan untuk pensiun ini, kemarin. Dan tim sangat mendukung itu dan saya merasa sangat baik. Seperti melepaskan beban 100 kg dari pundak saya. Saya bangun pagi dengan hati yang gembira!” bilang Dumoulin dalam statement resmi dari tim hari Sabtu.

“Saya merasakan juga sangat nyaman akhirnya saya bisa mengambil keputusan ini untuk diri saya sendiri. Akhir-akhir ini memang saya merasa susah untuk diri sendiri apalagi ada tekanan-tekanan dan harapan dari berbagai pihak,” tukasnya.

Tom menyadari bahwa apa yang dia lakukan selama ini hanya ingin membuat orang di sekitarnya bahagia. Tim yang bahagia dengannya, sponsor juga bahagia, anak dan istri juga bahagia.

“Akhirnya saya melupakan kebahagiaan untuk diri saya sendiri dalam beberapa tahun terakhir ini. Apa yang saya mau? Apakah saya mau tetap menjadi pembalap? Dan bagaimana?” tuturnya.

Juara Giro d’Italia 2017 ini bergabung dengan tim Jumbo-Visma di tahun 2020. Setelah melalui musim yang kurang menguntungkan di tahun 2019 bersama Team Sunweb.

Meski begitu, Dumoulin mensupport penuh Roglic di Tour de France 2020 lalu. Pembalap 30 tahun ini finis di peringkat tujuh di Paris, Prancis. Lantas Tom absen di Vuelta a Espana 2020.

Minggu lalu, Tom masih memberikan statemen resmi kepada media Belanda, Wielerflits bahwa Tom mengincar balapan cobble stone classics untuk pertama kalinya di tahun ini.

“Ini akan menjadi tahun kesepuluh saya menjadi pembalap profesional dan saya harus akui bahwa balap musim semi tidak pernah memberikan hasil bagus untuk saya. Tetapi di musim semi ini banyak harapan-harapan baru muncul. Termasuk saya sendiri, akan berusaha semaksimal mungkin dengan gol yang fresh,” bilangnya waktu itu. Tapi sekarang semuanya telah berubah. Tom pensiun dari dunia olahraga yang paling indah ini.

“Tom adalah pembalap yang fantastis. Tapi pada akhirnya ini adalah Team Jumbo Visma. Kita memiliki 27 pembalap dan Tom sudah bukan bagian dari mereka untuk saat ini. Akan ada pembalap yang mengisi kesempatan ini. Spot menjadi tersedia di balapan paling indah ini. Kita masih memiliki tim yang kuat dan kita akan memikirkan hal ini,” bilang Merijn Zeeman, direktur Team Jumbo Visma

Menurutnya, Tom sangat gembira saat ini. Dia merasakan sesuatu yang bagus dalam hidupnya. Jadi apabila Tom tidak senang dalam melakukan balapan, maka itu tidak baik untuk tim secara keseluruhan.

“Pada akhirnya kita mencapai diskusi itu. Kita bisa memahami satu sama lain. Dan sekarang kita harus move on,” tutup Zeeman.

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 06:58 WIB

Messi Bintang Lapangan, Barcelona Raih 3 Poin di Markas Sevilla

Liga Spanyol

Messi mencetak satu gol dan satu assist saat Barca menumbangkan Sevilla 2-0

28 Feb 2021 06:25 WIB

Verona Gagalkan Kemenangan Juventus

Liga Italy

Verona berhasil menahan imbang Juventus 1-1.

28 Feb 2021 05:50 WIB

Dipenjara 20 Hari, Nurdin Ngaku Tak Tahu Suap: Demi Allah!

Korupsi

Nurdin Abdullah melimpahkan kesalahan kepada Sekretaris PUPR Sulsel.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...