Ilustrasi, Berdoa

Agar Terhindar dari Sifat Malas, Amalkan Doa Ini Setiap Hari

Islam Sehari-hari 23 May 2019 02:47 WIB

Salah satu godaan setan pada manusia adalah sikap malas. Sifat buruk yang harus kita hindari. Suatu pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu harus ditunda dulu, karena malas. Apa yang telah direncanakan dengan baik sebelumnya tidak bisa terlaksana dengan baik, karena malas. Karena sifat malas, tidak sedikit orang yang akan membenci dan kecewa dengan kita.

Mengenai rasa malas sendiri ada bermacam-macam. Mulai malas bekerja, malas belajar, malas masak, masak bersih-bersih rumah hingga malas beribadah. Mengenai sifat malas ini, agama Islam sangat menentangnya dan  menganjurkan pada kita untuk senantiasa menghindarinya.

Ada doa yang sebaiknya diamalkan secara rutin setiap hari untuk menghindari sifat malas. Baca doa pernah dianjurkan Buya HAMKA, agar dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas hanya kepada Allah SWT.

"Allahumma innii a'udzubika minalhammi wal-hazani

wa a'udzubika minal'ajzi walkasali

wa a'udzubika minaljubni  walbukhli

wa a'uudzubika min-gholbatiddaini wa qahrirrijaali"

Artinya: Ya Allah Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifar pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia." (HR. Abu Dawud).

 

Itulah doa yang sebaiknya diamalkan agar terhindar dari sifat malas. Selain berdoa di atas, penting bagi kita untuk meyakini bahwa kita tak boleh malas. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya. (adi)

"Ada doa yang sebaiknya diamalkan secara rutin setiap hari untuk menghindari sifat malas. Baca doa pernah dianjurkan Buya HAMKA, agar dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas hanya kepada Allah SWT".

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 May 2020 21:03 WIB

PSBB Jilid III Surabaya Raya Bukan Maunya Pemprov

Surabaya

Ini alasan PSBB Surabaya Raya diperpanjang

24 May 2020 18:04 WIB

Pemkab Sidoarjo Siapkan Skema PSBB Tingkat Desa

Jawa Timur

Untuk menangkal penyebaran virus dari tingkat terbawah.

24 May 2020 17:54 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Benarkan PSBB Surabaya Raya Diperpanjang

Jawa Timur

Perpanjangan direncanakan mulai 26 Mei-9 Juni 2020

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.