Personil Densus Antiteror Mabes Polri menggeledah sebuah rumah kontrakan saat penggerebekan di Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun, Blitar, Jawa Timur, Kamis (14/6/2018). Penggerebekan dan penggeledahan tersebut dilakukan karena rumah kontrakan tersebut diduga dihuni oleh terduga teroris. (Foto: Antara)

Terduga Teroris Blitar, Sudah Incar Polsek dan Bank sebagai Sasaran

14 Jun 2018 13:41

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

"Densus 88 menemukan catatan semacam listing. Di situ dituliskan dua tempat. Yakni Polsek Talun dan sebuah bank di Blitar. Mungkin itu yang jadi target penyerangan kelompok ini," ungkap Kapolres Anissullah M Ridha

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha menyatakan jika terduga teroris yang ditangkap di Blitar, ternyata sudah mempunyai rencana untuk menyerang sebuah Polsek di Blitar dan merampok sebuah bank. Target ini diketahui setelah polisi berhasil menyita berbagai barang bukti dari para terduga teroris.

"Densus 88 menemukan catatan semacam listing. Di situ dituliskan dua tempat. Yakni Polsek Talun dan sebuah bank di Blitar. Mungkin itu yang jadi target penyerangan kelompok ini," ungkap Kapolres Anissullah M Ridha pada wartawan di Mapolres, Kamis 14 Juni 2018.

Kertas yang berisi catatan itu, lanjut Anissullah, ditemukan di antara buku-buku tentang jihad. Selain itu ditemukan juga sebuah senjata FN dan 8 peluru kaliber 9 mm, barang-barang ini dimasukkan plastik, lalu peti kayu dan dikubur. 

Sebelumnya Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, terduga teroris yang diamankan di Blitar merupakan anggota Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Blitar.

Penangkapan mulai dilakukan sejak pukul 20.31 WIB, Rabu (13/6). Lokasi pertama penangkapan di Kelurahan Bajang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.