Tercepat di Kualifikasi, Sebastian Vettel Akhiri Puasa Pole

09 Jun 2019 07:33 F1

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, akhirnya meraih pole position pada kualifikasi F1 GP Kanada setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 10,240 detik. Vettel lebih cepat 0,206 detik dari Lewis Hamilton yang berada di posisi kedua.

Vettel sudah menunjukkan performa apiknya sejak sesi latihan bebas ketiga atau FP3 setelah menjadi yang tercepat. Pembalap asal Jerman itu kemudian melanjutkannya di sesi kualifikasi untuk mengakhiri puasanya sejak pole terakhirnya di GP Jerman 2018.  

Pada musim 2019 ini Performa Ferrari memang terbilang mengecewakan. Dari enam seri yang sudah mereka jalani, tim Kuda Jingkrak hanya empat kali naik podium namun tak sekalipun mereka menangi.

Berbeda dengan Mercedes yang menyapu bersih keenam seri yang sudah berlalu. Hamilton menang empat kali, sedangkan dua sisanya dimenangi oleh Valtteri Bottas. Mercedes pun seakan tapa lawan musim ini.

Keberhasilan Vettel tampil maksimal pada sesi kualifikasi di sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Minggu 9 Juni 2019 dini hari WIB, Hamilton yang menjadi rivalnya pun senang. Sebab, keberhasilan Vettel meraih pole diyakini membuat balapan lebih sengit

"Hasil ini fantastis untuk olahraga ini. Saya sangat senang bertarung dengan tim lain dan hari ini memang sangat ketat," ujar Hamilton kepada Autosport.

Sementara rekan setim Vettel, Charles Leclerc, yang tampil solid sepanjang kualifikasi akan mengisi grid ketiga. Diikuti oleh Daniel Ricciardo yang membuat kejutan dengan menempatkan mobil Renault di baris kedua (posisi ke-4), unggul atas Pierre Gasly yang menjadi satu-satunya wakil Red Bull di kualifikasi ketiga.

 

Melengkapi baris kedua, Valtteri Bottas (Mercedes) harus puas mengawali balapan di posisi ke-6, pada Senin 10 Juni 2019 dini hari WIB nanti. Vettel diharapkan bisa mengulang kemenangannya pada musim lalu (2018) di Kanada, yang sukses mengungguli Valtteri Bottas dan Max Verstappen. 

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini