Tim sedang meneropong untuk melihat posisi hilal. Pemanatauan hilal untuk menentukan awal Ramadan dilakukan pada Kamis 23 April 2020 di 82 titik di 34 provinsi. (Foto:Antara)
Tim sedang meneropong untuk melihat posisi hilal. Pemanatauan hilal untuk menentukan awal Ramadan dilakukan pada Kamis 23 April 2020 di 82 titik di 34 provinsi. (Foto:Antara)

Tentukan Awal Ramadan, 27 Titik di Jatim Pantau Hilal

Ngopibareng.id Ramadan Kita 21 April 2020 08:25 WIB

27 titik di Jawa Timur digunakan untuk pengamatan bulan baru atau hilal pada Kamis 23 April 2020. Wilayah Jawa Timur memiliki titik terbanyak dari total 82 titik pengamatan hilal yang tersebar di 34 Provinsi. Pengamatan hilal dilakukan Kementerian Agama untuk menetapkan awal bulan Ramadan 1441 Hijriah atau 2020 Masehi.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamarudin Amin menyatakan jika pengamatan akan dilkukan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bersama dengan ormas Islam, BMKG, dan juga Mahkamah Agung.

Nantinya, hasil pengamatan tim pemantau akan dibahas dalam sidang isbat yang kali ini digelar dalam bentuk teleconference. Hasil sidang isbat akan berbentuk ketetapan awal bulan Ramadan sekaligus awal puasa.

"Sesuai protokol kesehatan, kami memghindari ada kerumunan. Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi telekonferensi,' katanya di Jakarta.

Sidang akan dibagi jadi tiga sesi. Pertama, sesi paparan posisi hilal, dilanjut sesi sidang tertutup secara fisik yang dihadiri oleh perwakilan MUI, DPR, Menteri Agama Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi dan Dirjen Bimas Islam.

Selanjutnya, sesi tanya jawab yang melibatkan tokoh ormas  yang diunang, menggunakan media sosial milik Kemenag.

Dilansir dari Antaranews, publik juga bisa ikut melihat sidang isbat. Jika sebelumnya proses sidang disiarkan televisi, kini masyarakat bisa mengikuti melalui layanan streaming resmi media sosial milik Kemenag.

Hasil sidang isbat akan diumumkan terbuka melalui telekonferensi pers yang tidak melibatkan kedatangan awak pers secara fisik di Kantor Kemenag.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 15:00 WIB

Baru Melahirkan, Gigi Hadid Balik Kerja Lagi

Selebriti

Gigi Hadid umumkan balik kerja setelah melahirkan September lalu.

04 Dec 2020 14:45 WIB

Menristek Dorong Unair Selesaikan Vaksin Merah Putih

Teknologi dan Inovasi

Menristek minta Unair segera selesaikan Vaksin Covid-19.

04 Dec 2020 14:30 WIB

Moderna Bakal Suplai 125 Juta Dosis Vaksin di Awal 2021

Internasional

Sebagian besar didistribusikan di Amerika Serikat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...