PKK Kabupaten Pasuruan menyabet juara 1 lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan di Surabaya, Kamis, 11 Juli 2019. (Foto: Dok Humas Pemkab)

Tengiri Bumbu Kluwek Ala PKK Pasuruan Juara 1 Jatim

Ngopibareng Pasuruan 11 July 2019 18:30 WIB

Menu 'Tengiri Bumbu Kluwek' yang disajikan oleh PKK Kabupaten Pasuruan meraih Juara I dalam Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2019.

PKK Kabupaten Pasuruan berhasil mengalahkan PKK Kabupaten Pamekasan, Tuban, Probolinggo, Tulungagung, dan daerah lain di Jawa Timur untuk kategori khusus menu keluarga. Lomba Cipta Menu Masakan diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur, di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis, 11 Juli 2019.

Lulis Irsyad Yusuf, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anggotanya. Terlebih dengan Pokja 3 TP PKK Kecamatan Lekok yang selalu berprestasi dalam lomba cipta menu masakan.

"Saya angkat topi untuk PKK Lekok dalam bidang kuliner. Selalu enak dan masakannya sangat inovatif. Makanya saya yakin bisa menang dan jadi juara,” kata Lulis.

Sebelum menjadi wakil Kabupaten Pasuruan, pengurus PKK Kabupaten Pasuruan dengan dibantu Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan melakukan seleksi di tingkat Kabupaten Pasuruan. Menurut Lulis, caranya adalah dengan menggelar Lomba Cipta Menu Masakan Serba Ikan dengan menghadirkan juri yang kompeten.

“Kita serius menggandeng juri dari chef restoran, PHRI (Persatuan Hotel dan Resort Indonesia) sampai Pengurus PKK Pokja III untuk menyeleksi masakan yang pantas dilombakan di tingkat provinsi, dan lagi-lagi keluarlah Lekok sebagai juaranya," katanya.

Sementara itu, Kunti Utami selaku anggota PKK Pokja 3 Kecamatan Lekok mengaku puas dengan masakan yang dibuatnya bersama dengan Suliati. Katanya, dipilihnya tengiri lantaran tengiri memiliki rasa yang lebih gurih, dan tersedia melimpah di sekitar tempat tinggalnya.

"Kebetulan daerah rumah saya dekat pantai. Jadi banyak sekali tengiri yang dijual. Murah lagi, karena cuma Rp 40 ribu per kilonya," katanya.

Dijelaskan Kunti, menu Tengiri Bumbu Kluwek adalah menu special yang sering dijadikan lauk pauk setiap hari. Dipilihnya kluwek, karena Pasuruan dikenal dengan kuliner rawon. Sehingga ketika dipadu dengan ikan tengiri, rasanya sangat lezat.

"Kalau di rumah sering tak buat pepes. Tapi berhubung ini lomba, saya jadikan bumbu kluwek dengan plating yang menarik. Dan Alhamdulillah juara," katanya.

 

Atas prestasi yang diraih itu, PKK Kabupaten Pasuruan berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp6 juta. Penyerahan hadiah oleh Ketua Forikan Jatim, Ny Arumi Emil Dardak kepada PKK Kabupaten Pasuruan yang diwakili Sugeng Subijanto, Kabid Usaha Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jul 2020 05:25 WIB

12 Warga Pasuruan Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Ngopibareng Pasuruan

Sementara, ada 9 warga yang dinyatakan positif covid-19.

13 Jul 2020 19:32 WIB

Pandemi Corona, Irsyad: ASN Bekerja Jangan Sekedar Rutinitas

Ngopibareng Pasuruan

ASN bekerja harus mengacu pada SAKIB.

12 Jul 2020 23:28 WIB

Hari Ini Corona di Pasuruan: 3 Sembuh, 15 Positif Covid-19

Ngopibareng Pasuruan

Total yang sembuh hingga saat ini mencapai 170 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...