TWA Kawah Ijen mulai tengah malam nanti dibuka kembali untuk wisatawan. (Foto: Hujaini/ngopibareng.id)

Asyik....Tengah Malam Ini Kawah Ijen Resmi Dibuka untuk Wisatawan

Jawa Timur 06 November 2019 18:18 WIB

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akhirnya dibuka untuk wisatawan. Pembukaan tempat wisata yang dikenal dengan blue fire-nya ini berdasarkan pada Surat Edaran yang dikeluarkan Balai Besar KSDA Jawa Timur tertanggal 6 November 2019.

"Sesuai Surat Edaran yang kita keluarkan, TWA Kawah Ijen dibuka kembali untuk wisatawan terhitung mulai tanggal 7 November mulai pukul 00.00 WIB," kata Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi, Rabu 6 November 2019.

Dia menambahkan, meski penutupan dilakukan beberapa waktu lalu akibat kebakaran, namun dia menjamin setelah dibuka nanti wisatawan masih bisa dengan leluasa mengeksplorasi keindahan Kawah Ijen. Namun BKSDA selaku pengelola meminta wisatawan untuk menjaga diri. Wisatawan juga diminta berkomunikasi dengan petugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan sendiri. Wisatawan juga diminta untuk terlalu dekat dengan Kawah Ijen pada jam-jam tertentu. 

"Kami harapkan pengunjung tidak melakukan yang tidak diperbolehkan. Selalu berkomunikasi dengan petugas sehingga mereka bisa tahu apakah aman atau tidak. Bisa ke petugas BKSDA atau petugas SAR yang ada di sana," imbaunya.

Wisatawan juga diminta untuk ikut berpartisipasi mencegah terjadinya bencana baik itu kebakaran, asap beracun maupun bencana lain. Dalam surat edaran tersebut juga disampaikan soal penerapan asuransi bagi pengunjung untuk mengantisipasi dampak jika terjadi bencana.

"Untuk jam kunjung wisatawan ke TWA Kawah Ijen tetap seperti biasanya. Tidak ada perubahan," kata Nandang.

Pembukaan ini, lanjutnya, juga berlaku untuk aktivitas penambang belerang di kawah Ijen. Para penambang belerang sudah bisa melakukan aktivitas penambangan seiring dengan dibukanya TWA Kawah Ijen untuk wisatawan.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 16:55 WIB

Datangi Pantai dan Kampung Nelayan, Polantas Bagikan Masker

Jawa Timur

Tak jemu selalu mengingatkan warga agar pakai masker saat keluar rumah.

18 Sep 2020 23:00 WIB

Aktif Kembangkan UMKM, Banyuwangi Raih Natamukti Award

Ekonomi dan Bisnis

Penghargaan bagi kabupaten yang mendorong kualitas produk UMKM

18 Sep 2020 16:39 WIB

Plus Minus Jasa Penyeberangan Banyuwangi-Lembar Versi Sopir

Perhubungan

Plus Minus Jasa Penyeberangan Banyuwangi-Lembar Versi Sopir

Terbaru

Lihat semua
21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...