Tekuk Perancis, Turki Mengukir Sejumlah Rekor

09 Jun 2019 06:02 Dunia

Kemenangan 2-0 Turki atas Perancis di laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu 9 Juni 2019 membuat posisi mereka semakin kokoh di puncak klasemen Grup H, . Kini Turki memimpin dengan 9 poin, selisih tiga poin dengan Perancis yang berada di posisi kedua.

Tak hanya memuncaki klasemen Grup H, Turki juga mencatatkan sejarah baru bagi perjalanan sepak bola mereka. Sebab, kemenangan ini merupakan yang pertama atas Perancis.

Dengan capaian ini, Turki juga tak terkalahkan di tiga pertandingan yang mereka jalani di kualifikasi Euro 2020. Dua kemenangan sebelumnya mereka raih atas Albania 2-0 dan Moldova 4-0. Tak hanya menyapi bersih kemenangan, Turki juga mencatatkan clean sheet alias belum kebobolan sama sekali.

Kemenangan ini juga menjadi catatan apik Turki sejak Senol Gunes kembali menangani tim ini. Itu bukti revolusi besar yang dilakukan pelatih yang berhasil mengantarkan Turki menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2002 di Korsel-Jepang cukup berhasil.

Gunes mengambil alih posisi nahkoda Turki setelah kemerosotan prestasi timnas negara yang dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan itu pada Maret 2019 lalu. Ia menggeser pelatih sebelumnya, Mircea Lucescu yang gagal membawa Turki berkibar di Eropa dan Piala Dunia.

Mewarisi Timnas yang remuk setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia dan turun ke level ketiga Liga Bangsa-Bangsa, Gunes melakukan perombakan besar pada skuat Timnas Turki. Dia merombak penggawa Timnas Turki dengan wajah-wajah baru.

Keputusan itu terbukti tepat, Turki kembali menjadi tim yang disegani sejak ditangani pelatih berusia 67 tahun tersebut. Turki pun diprediksi tak akan menemui kesulitan saat menjalani laga lanjutan kualifikasi Euwo menghadapi tim lemah, Andorra pada 11 Juni mendatang.

Klasemen Sementara Grup H:

Turki 3 3 0 0 (9)

Perancis 3 2 0 1 (6)

Islandia 3 2 0 1 (6)

Albania 3 1 0 2 (3)

Moldova 3 1 0 2 (3)

 

Andorra 3 0 0 3 (0)

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini