David da Silva mencetak satu gol saat Persebaya menang 4-2 atas Madura United. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Tekuk MU, Persebaya ke Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020

Liga Indonesia 14 February 2020 18:30 WIB

Persebaya memastikan diri lolos ke semifinal Piala Gubernru Jawa Timur 2020. Kepastian ini mereka dapatkan setelah menekuk Madura United 4-2 di partai krusial Grup A, Jumat 14 Februari 2020 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Empat gol Persebaya masing-masing dicetak oleh Makan Konate di menit ke-21, 45+1, dan David da Silva menit 58’, serta Arief Satriya menit 81. Sementara dua gol Madura United dihasilkan oleh Alberto Goncalves di menit ke-60 dan Haris Tuharea menit ke-66.

Babak I

Di awal laga, kekuatan kedua terlihat berimbang. Baik Madura United maupun Persebaya tim saling bertukar serangan. Mengandalkan dua pemain naturalisasi Alberto Goncalves dan Greg Nwokolo, plus Haris Tuharea, MU mencoba mencari keunggulan lebih dulu dengan tampil menekan.

Persebaya tak mau kalah, David da Silva didampingi dua pemain muda, Supriyadi dan Bayu Nugroho, menjadi trisula untuk membongkar pertahanan lawan.

Meski saling serang, kedua tim tampak kesulitan mencetak gol. Serangan yang mereka bangun seolah menemui tembok tebal.

Tapi kejelian para pemain Persebaya dalam melihat celah di pertahanan lawan mampu dimanfaatkan Makan Konate di menit ke-21. Tembakan jarak jauhnya tak mampu dijangkau oleh Satria Tama. Persebaya unggul 1-0.

Tertinggal 0-1, Madura mencoba lebih menekan. Hasilnya, sejumlah peluang mampu mereka dapatkan. Sayang, lemahnya penyelesaian akhir pemain Madura membuat kans yang mereka peroleh gagal berbuah gol.

Terus menyerang, Madura United mendominasi jalannya pertandingan. Namun Persebaya tak mau terus dalam tekanan. Melalui skema serangan balik, Persebaya kerap membahayakan gawang MU.

Mendekati babak pertama berakhir, Persebaya lagi-lagi mengejutkan tuan rumah. Diawali kesalahan fatal yang dilakukan Jaimerson, Persebaya menambah keunggulan. Umpang pemain belakang MU asal Brasil itu justru mengarah ke David. Tanpa banyak membawa bola, David mengirim umpan terobosan pada Konate yang menyelinap masuk ke dalam kotak penalti.

Konate memilih untuk membawa bola dan mengelabui Satria Tama. Sehingga, ia dengan mudah melepaskan tembakan ke gawang yang sudah melompong dan gol. Skor 2-0 untuk Persebaya. Tak lama setelah gol kedua Persebaya, wasit Fariq Hitabba, meniup peluit Panjang tanda berakhirnya babak pertama.    

Babak II

Memasuki 45 menit kedua, Persebaya mencoba langsung menekan. Bajul Ijo bahkan nyaris menambah keunggulan setelah serangan cepatnya membuahkan peluang emas. Namun, para pemain belakang MU tampil sigap dengan menghalau sergapan lawan.

Namun Persebaya tak mau menyerah. Diawali umpan silang dari sisi kanan, Satria Tama keluar dari sarangnya untuk membuang bola, tapi justru jatuh di kaki David, akibatnya, gawang MU bobol untuk ketiga kalinya setelah David berhasil memanfaatkan bola muntah di menit ke-58.

Tapi keunggulan 3-1 itu tak berlangsung lama, karena hanya berselang dua menit kemudian, Laskar Sapeh Kerrap memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 lewat gol yang dicetak oleh Alberto Goncalves di menit ke-60.

Gol itu membuat semangat para pemain MU semakin meningkat. Dengan motivasi membara, Laskar Sapeh Kerrap terus menggempur pertahanan Persebaya. Sayang, kesempatan demi kesempatan yang mereka miliki gagal dikonversi menjadi gol.

Alih-alih mencetak gol penyama kedudukan, jaring MU kembali bergetar setelah Arief Satriya mencetak gol keempat pada sembilan menit menjelang waktu normal berakhir.

Di waktu tersisa kedua tim berusaha mendapatkan tambahan gol. Namun hingga laga berakhir, skor 4-2 tak berubah.

Dengan hasil ini, Persebaya memastikan diri lolos ke semifinal Piala Gubernur. Di semifinal, Persebaya sudah ditunggu dua tim Grup B, Arema FC dan Persija yang sudah memastikan diri lolos setelah meraih dua kemenangan dalam dua laga yang telah mereka lalui. Laga semifinal akan dipertandingkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 17 Februari 2020 mendatang.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Sep 2020 19:36 WIB

Angka Kesembuhan di RS Lapangan Indrapura Tembus Angka 2.000

Kesehatan

Kunci kesembuhan Covid-19 monitoring ketat.

23 Sep 2020 19:23 WIB

2 Pegawai Positif, Kantor Dinas Penanaman Modal Kediri Ditutup

Jawa Timur

Dua pegawai kantor Dinas Penanaman Modal Kediri positif Covid-19.

23 Sep 2020 19:12 WIB

Warkop DKI Ulang Tahun ke-47

Selebriti

Indro merayakan ulang tahun Warkop DKI ke-47.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...