Premier League 2019-2020Tekuk Crystal Palace, Chelsea Geser Manchester City

09 Nov 2019 22:09 Liga Inggris

Chelsea melanjutkan tren positifnya di Premier League 2019-2020. Bermain di Matchday ke-12, Sabtu 9 November 2019 di Stamford Bridge, The Blues berhasil menumbangkan Crystal Palace dengan skor 2-0.

Kemenangan ini sangat penting bagi Chelsea untuk memastikan mereka tetap berada dalam jalur perburuan mahkota liga. Bukan hanya itu, kemenangan ini juga memangkas jarak dengan Liverpool menjadi lima poin saja.

Berkat hasil ini pula, Chelsea berhasil mengambil alih posisi kedua dari Manchester City yang baru memainkan laga pekan ke-12 lawan sang pemuncak klasemen, Liverpool, Minggu 10 November 2019.

Jalannya pertandingan

Chelsea langsung tampil menyerang saat peluit kick off dibunyikan sang wasit. Mereka mencoba mendominasi permainan dengan kombinasi bola pendek dan operan panjang ke depan.

Memanfaatkan kedua sayapnya, Frank Lampard tampaknya menginstruksikan agar para pemainnya mengeksploitasi kedua sisi pertahanan lawan. Tampak hanya sesekali tusukan-tusukan dari tengah mereka lakukan.

Christian Pulisic di kiri dan Willian di kanan benar-benar merepotkan pemain belakang Palace. Salah satu emas mereka dapatkan ketika umpan silang dari sisi kiri pertahanan Palace disambar oleh Tammy Abraham. Beruntung, kiper Palace sigap menghalau bola, sehingga gawang mereka selamat dari kebobolan.

Meski dominan, Chelsea dibuat kesulitan menembus pertahanan Palace yang tampil sangat disiplin menjaga zona mereka. Hasilnya, hingga babak pertama usai, skor masih sama kuat, 0-0.

Babak II

Pada awal 45 menit kedua, Chelsea tak mengendurkan serangan. Mereka terus mendikte permainan dan membuat sejumlah peluang. Namun, gol yang ditunggu-tunggu baru tiba saat memasuki menit ke-52.

Tammy Abraham yang mengalami kebuntuan di sepanjang 45 menit pertama berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Diawali umpan tumit cantik dari Willian, Tammy berhasil lepas dari kawalan, sehingga mudah bagi Tammy melesakkan bola gawang Palace.

Tertinggal 0-1, Palace berusaha mencari gol penyama kedudukan. Melalui Wilfried Zaha yang beroperasi di sektor sayap kiri, beberapa kali pertahanan Chelsea dibuat kerepotan. Aksi-aksi Zaha serta umpan tarik sang pemain beberapa kali menghasilkan peluang, salah satunya operannya pada James McCharty. Sayang, sepakan McCharty dari depan garis kotak penalti Chelsea masih melambung tinggi.

Alih-alih mencetak gol, gawang Palace justru kembali terkoyak. Christian Pulisic menunjukkan kepiawaiannya. Memanfaatkan bola liar hasil tendangan Michy Batsuayi yang sempat mengenai kaki pemain belakang lawan, pemain Amerika Serikat itu masuk dari sisi yang tak terlihat dan menyundul bola dan masuk. Skor menjadi 2-0 untuk Chelsea.

Setelah unggul 2-0, Chelsea nyaris tak mendapatkan perlawanan berarti. Bahkan Batsuayi nyaris menambah keunggulan andai tendangan memutarnya tak diblok pemain belakang Palace. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini