Tekan Kenaikan Harga Sembako, Pemkab Pasuruan Gelar Pasar Murah

09 May 2019 11:50 Ngopibareng Pasuruan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan menggelar Pasar Murah 2019, sebagai langkah antisipasi lonjakan harga sembako di bulan Ramadhan. Acara akan digelar di 5 titik berbeda, diantaranya Lapangan Desa Jeruk Purut Kecamatan Gempol pada 14-15 Mei, Lapangan Desa Bulukandang Kecamatan Prigen pada 16 Mei, Lapangan Desa Gerbo Purwodadi pada 21 Mei, Lapangan Desa Sambisirah Wonorejo pada 22 Mei, serta Lapangan Desa Kemantrenrejo Kecamatan Rejoso pada 23 Mei 2019.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Edy Suwanto mengatakan, pasar murah untuk mengantisipasi tren naiknya harga sembako pada bulan ramadhan maupun menjelang lebaran.

Pasalnya, selama Ramadhan dan jelang Lebaran kebutuhan bahan pokok cenderung mengalami peningkatan, sehingga dapat mengakibatkan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

“Kenaikan harga dapat melemahkan daya beli masyarakat terutama warga kurang mampu. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah pemantauan dan pelaporan terkait perkembangan harga harian, maka kita gelar pasar murah,” kata Edy.

Selama pasar murah berlangsung, Disperindag bekerja sama dengan beberapa pihak yang terlibat sebagai pengisi penjualan sembako. Peserta pasar murah antara lain  Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Disperindag, 24 kecamatan, IKM dan UKM, Perusahaan, BUMN, Bank Jatim, Bank Indonesia, dan Hiswana Migas.

“Semua jenis sembako akan kita jual dengan harga miring. Pasti lebih murah dari pasaran, sehingga saya himbau untuk masyarakat agar beramai-ramai datang ke pasar murah sesuai jadwal,” promosi Edy.

Sementara itu, perihal stok bawang putih yang dijual dalam pasar murah, Edy menegaskan, pihaknya tengah berkoordinasi untuk menghadirkan bawang putih impor dengan harga yang bisa dijangkau masyarakat.

“Harga bawang putih sudah mulai turun. Pasokan bawang putih impor juga mulai didistribusikan. Kita berharap harganya stabil bisa tembus Rp 30 ribuan, atau justru di bawahnya,” ujarnya. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini