Petugas memberikan sanksi pada pengendara yang tidak menggunakan masker. (Foto: Muh. Hujaini/Ngopibareng.id)
Petugas memberikan sanksi pada pengendara yang tidak menggunakan masker. (Foto: Muh. Hujaini/Ngopibareng.id)

Tegakkan Protokol Kesehatan di Kalangan Pengguna Jalan

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 25 November 2020 14:30 WIB

Aparat gabungan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP kembali menggelar operasi yustisi, Rabu, 25 November 2020. Operasi yustisi ini dilakukan untuk terus mendisiplinkan masyarakat dalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan di dalam setiap aktivitasnya.

Operasi Yustisi ini dilaksanakan di sekitar Taman Tirta Wangi, Banyuwangi. Petugas gabungan dengan seksama memantau pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan, utamanya tidak menggunakan masker.

Dalam operasi ini ditemukan sejumlah orang yang tidak mengenakan masker secara baik dan benar. Ada juga yang membawa masker namun tidak digunakan. Kondisi ini banyak dilakukan pengendara roda empat pribadi. Mereka beranggapan saat berada di dalam mobil tidak perlu menggunakan masker.

“Saya kan di dalam mobil,” protes salah seorang pengendara mobil kepada petugas kepolisian yang menegurnya.

Ada juga pengendara yang mengaku lupa menggunakan maskernya. Dia mengaku baru menyadari tidak menggunakan masker saat dihentikan petugas. Dengan buru-buru dia mengambil dan menggunakan maskernya.

“Saya biasanya selalu pakai masker. Ini tadi karena buru-buru jadi lupa memakainya. Tadi saya letakkan di dashboard,” ujar seorang pengendara mobil pikup, M. Said, 35 tahun.

Operasi yustisi kali ini dipimpin Wakasat Narkoba Polresta Banyuwangi, AKP Yonny Kadarisman. Menurutnya, razia ini merupakan kegiatan rutin untuk memastikan masyarakat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan guna mencegah mata rantai penyebaran Covid-19.

“Operasi yustisi ini untuk menegakkan protokol kesehatan. Yang tidak menggunakan masker kita hentikan, kita berikan pembinaan dan sanksi sesuai pelanggarannya,” katanya. 

Dia menambahkan, masyarakat yang belum menggunakan masker dengan benar langsung diberikan sanksi berupa teguran tertulis. Untuk mereka yang tidak menggunakan masker atau lupa membawa masker diberi sanksi berupa sidang tipiring.

“Setelah kita beri tindakan, kita berikan masker. Supaya semua paham dan taat akan pentingnya penggunaan masker dan supaya disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Jan 2021 22:37 WIB

Anggota Babinsa ini Blusukan Ajak Lansia Senam Sambil Berjemur

Feature

Rela blusukan, anggota TNI AD ini ajak puluhan lansia senam pagi.

26 Jan 2021 22:18 WIB

Kasus Covid-19 Baru Terus Naik, Alun-alun Sidoarjo Ditutup

Jawa Timur

Pemkab Sidoarjo menutup alun-alun dan sejumlah taman serta tempat hiburan.

26 Jan 2021 22:13 WIB

Dinkes Jatim Distribusikan 122.120 Vaksin Sinovac

Jawa Timur

Vaksin Covid-19 Sinovac itu, didistribusikan ke 38 kabupaten/kota

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...