Tati Sumirah, atlet bulutangkis penentu Uber pertama untuk Indonesia tahun 1975, tutup usia. (Foto:bola.com)

Tati Sumirah, Penentu Uber Pertama Indonesia Tutup Usia

Bulutangkis 14 February 2020 11:05 WIB

Atlet bulutangkis kawakan Indonesia, Tati Sumirah tutup usia pada Kamis, 13 Februari 2020. Tati dikenal sebagai penentu Indonesia dalam merebut Piala Uber 1975, Uber pertama untuk Indonesia.

Tati meninggal setelah mendapatkan perawatan selama sembilan hari di ICU RSUP Persahabatan Rawamangun, Jakarta Timur. Tati menutup mata di usia 68 tahun, akibat kadar gula darah yang tingi dan masalah di paru-paru.

Atlet yang lahir di Jakarta 9 Februari 1952 itu bergabung dengan klub Tangkas Jakarta di tahun 1966. Kemamnpuannya naik pesat akibat gigih berlatih ditemani ayahnya, Sugrisno.

Tati diingat sebagai atlet yang giat berlatih. Puncak karirnya ditandai dengan mempersembahkan Piala Uber untuk Indonesia tahun 1975. Tati menjadi satu-satunya pemain tunggal putri yang mempersembahkan kemenangan untuk tim Garuda.

Pada 6 Juni 1975, Indonesia merebut Uber setelah menang 5-2 atas juara bertahan Jepang. Tuti membekuk Atsuko Tokuda, sedangkan rekannya Theresia Widiastuti dilibas oleh Hiroe Yuki, sementara Utami Dewi dijegal oleh Noriko Nakayama.

"Semangat juang, dedikasi tanpa pamrih, dan totalitas Tati untuk kejayaan prestasi bulutangkis Indonesia layak menjadi suri teladan dan sumber inspirasi bagi para pemain bulutangkis Indonesia saat ini," kata Juniarto, Wakil Ketua PB Tangkas Jakarta.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

24 Sep 2020 07:17 WIB

NU Harus Mulai Program Ekonomi, Wapres: Manfaatkan Teknologi

Khazanah

Revolusi Teknologi tak bisa dihindari dan harus dimanfaatkan

24 Sep 2020 07:01 WIB

Tunda Gelar Muktamar Ke-34, Ini Agenda Resmi PBNU

Khazanah

Keputusan Konbes Nahdlatul Ulama secara daring

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...