Turunkan Kemiskinan Di Bawah 9,5 Persen, Ini Langkah Mensos

07 Nov 2018 23:24 Jawa Timur

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah terus berupaya mencapai target menurunkan angka kemiskinan menjadi di bawah 9,5 persen.

"Itu paling tinggi, kita optimis bahwa angka kemiskinan pada tahun 2019 bisa di bawah 9,5%," kata Agus saat ditemui di Hotel Harris Surabaya, Rabu, 7 November 2018.

Ia mengtakan, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia. Misalnya saja melalui program pengurangan kemiskinan dan pengentasan kemiskinan.

Dalam program pengentasan kemiskinan, pihaknya punya strategi pemberdayaan melalui pendampingan langsung kepada masyarakat.

"Program ini kata dia dasarnya pendampingan mengenai ekonomi," kata dia.

Sedangkan dalam pengentasan kemiskinan, Agus mengatakan pihaknya akan mewujudknnya melalui kegiatan bimbingan langsung. Kegiatan ini kata dia, menghadirkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Ratusan orang itu adalah kader Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang dipersiapkan untuk mendampingi masyarakat. Pendampingan ini penting untuk membantu mengentas kemiskinan.

"Jadi mereka betul-betul kita persiapkan agar nanti ketika mereka terjun di tengah-tengah masyarakat bisa benar-benar menjalankan tugasnya secara baik," kata Agus. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini