Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat sidak ke flyover JLLB Sememi Surabaya. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Target Piala Dunia, Flyover JLLB-GBT Kelar Tahun Ini

Surabaya 10 February 2020 17:14 WIB

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan pekerjaan pembangunan proyek Flyover Jalur Luar Lingkar Barat (JLLB) akan selesai pada akhir tahun 2020.

Risma mengatakan, target tersebut sudah sesuai dengan rencana Pemkot. Yakni pekerjaan selesai sebelum gelaran Piala Dunia dimulai pada triwulan ke dua tahun 2021.

“Harus tahun ini selesai. Karena biar bisa kita coba dulu sebelum piala dunia dimulai. Kan tidak  mungkin mepet ke Piala Dunia. Kalau ada kurangnya malah kita yang repot,” kata Risma saat sidak ke Flyover JLLB di Sememi, Senen 10 Februari 2020.

Ia mengatakan, proyek JLLB ini sangat menunjang gelaran Piala Dunia yang digelar di Gelora Bung Tomo (GBT). Karena, dari Jalan Sememi, masyarakat bisa naik ke Flyover JLLB, lalu bisa langsung menuju ke arah Teluk Lamong, Gresik, GBT, bahkan ke arah PTC dan Lakarsantri.

Selain itu, tidak hanya roda empat yang bisa menggunakan flyover tersebut. Namun juga roda dua diperkenankan masuk ke flyover tersebut.

“Nanti proyek JLLB  ini bisa langsung ke Stadion Gelora Bung Tomo. Sangat memudahkan masyarakat. Apalagi paling jauh ini ke Teluk Lamong dan juga tembus langsung ke Jalan Tol Surabaya-Gresik. Nanti sepeda motor juga boleh, Cuma batas nggak sampai masuk tol,” katanya.

Risma mengungkapkan, nantinya untuk naik ke flyover JLLB dari Sememi akan ada jembatan seperti jembatan Semanggi di Jakarta.

"Nah ini nanti muter gitu. Melingkar, kayak di bundaran semanggi Jakarta," katanya.

Flyover dengan panjang 3,5 kilometer itu memiliki dua jalur. Masing-masing jalur memiliki dua lajur. Sehingga akan memudahkan pengendara jika ingin berkendara secara lambat maupun kencang.

“Ya sudah standar ya dua lajur. Sama seperti tol dan jalan pada umumnya,” katanya.

Risma mengatakan, untuk membangun flyover tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelontorkan dana sekitar Rp 132 Miliar dari APBD Kota Surabaya tahun 2019 dan juga tahun 2020.

“Ini multiyears. Dari dua APBD. Kemarin sama tahun ini,” katanya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjelaskan bundaran Semanggi ala Jakarta yang ingin ia bangun di flyover JLLB Sememi kepada Kepala Dinas PU Bina Marga Erna Purnawati Foto AliefngopibarengidWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjelaskan bundaran Semanggi ala Jakarta yang ingin ia bangun di flyover JLLB Sememi kepada Kepala Dinas PU Bina Marga Erna Purnawati. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 10:59 WIB

5 Fakta Febri Diansyah Pamit dari KPK

Nasional

Febri Diansyah melepas jabatan Kabiro Humas KPK.

25 Sep 2020 10:43 WIB

UEFA Dikritik Izinkan Piala Super Eropa Dihadiri 15 Ribu Penonton

Liga Europa

Laga Bayern vs Sevilla di Piala Super Eropa jadi proyek percontohan.

25 Sep 2020 10:21 WIB

Juara Piala Super Eropa 2020, Hansi Flick Koleksi 4 Trofi Banyern

Liga Europa

Hansi Flick kumpulkan 4 trofi dari 38 laga Bayern Munchen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...