Kondisi terakhir pengerjaan museum olahraga. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Ditarget September, Pembangunan Museum Olahraga Masih 50 Persen

Surabaya 26 June 2020 20:16 WIB

Di tengah pandemi Covid 19 yang melanda kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya tetap melaksanakan proyek-proyek milik Pemkot. salah satunya adalah pembangunan museum olahraga yang berada di samping Gelanggang Olahraga (GOR) Pancasila, Indragiri, Surabaya.

Proyek pembangunan museum olahraga di Gor Pancasila Surabaya saat ini masih mencapai 50 persen. Padahal museum yang dibangun sejak Oktober 2019 ini akan dibuka oleh Pemkot Surabaya pada kuartal ketiga tahun 2020.

Kepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian mengatakan, saat ini pembangunan yang dilakukan oleh pihaknya mulai memasuki pengerjaan perbaikan arsitektur gedung.

Seperti perbaikan elemen-elemen dinding, perbaikan lantai, penyediaan kamar mandi baru, penataan jalur utilitas, plumbing, dan beberapa hal lainnya. Pengerjaan itu agak lama dan rumit, sebab gedung tersebut merupakan gedung tua dan masuk dalam cagar budaya. Sehingga pengerjaannya harus hati-hati agar tak merusak bangunan asli gedung.

"Kita sedang mengerjakan itu. Nanti itu bertahap. setelah itu selesai akan dilanjutkan dengan pekerjaan lighting dan AC untuk museum olahraga itu," kata Iman kepada Ngopibareng.id, Jumat 26 Juni 2020.

Iman mengungkapkan, dirinya memberikan estimasi pengerjaan gedung tua tersebut hingga 3 bulan ke depan. Museum ini akan dibuat dengan nuansa British Style yang menggabungkan kesan modern dan kuno. Ia menyebut, jika museum ini akan memiliki konsep seperti stasiun kereta api di London, Inggris.

Nuansa British Style sengaja dipilih untuk membedakan dengan konsep museum sebelumnya yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Museum Pendidikan. Museum Pendidikan diklaim mengusung konsep cafe Eropa.

Maka dari itu, agar masyarakat Surabaya bisa segera menggunakan museum yang dibangun dengan dana sebesar Rp1 miliar lebih itu, pihaknya menargetkan pembangunan selesai dan diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini tepat pada Hari Olahraga Nasional, 9 September 2020 nanti.

Selain museum pendidikan, di kawasan tersebut juga akan dibangun gedung parkir bertingkat, agar masyarakat yang akan berkunjung tidak bingung mencari parkir kendaraan.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

08 Aug 2020 22:45 WIB

Rekom PDIP ‘Final’, Whisnu-Eri Maju di Pilwali

Pilkada

Rekom ini disebut-sebut atas perintah Jokowi.

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...