Jelang Derby Suramadu, Persebaya Mulai Panasi Mesin

05 Aug 2019 13:48 Liga Indonesia

Setelah libur dua hari, Persebaya Surabaya mulai melakukan persiapan lawan Madura United (MU). Tim besutan Djajang Nurdjaman itu memanasi mesin perangnya dengan menggelar Latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 5 Agustus 2019 sore ini.

Pada latihan kali ini, Djanur memang memfokuskan untuk pemulihan fisik. Namun, pelatih 60 tahun itu juga sedikit menyisipkan menu latihan taktik. Persiapan ini digelar agar timnya lebih matang saat menjamu Laskar Sape Kerap di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 10 Agustus 2019 mendatang.

Persebaya memang tak mau kehilangan satu poin pun di kandang, apalagi sampai tumbang. Bagi tim kebanggaan Bonek Mania itu kemenangan menjadi harga mati yang harus mereka dapatkan di laga nanti.

Euforia kemenangan atas Persipura bagi Djanur sudah harus ditepikan. Anak buahnya kini musti menatap pertandingan selanjutnya tanpa menoleh ke belakang. Kemenangan atas Persipura di laga sebelumnya hanya cukup dijadikan lecutan semangat, tidak lebih.  

Djanur memang tak ingin anak buahnya terus larut dalam kegembiraan usai mengakhiri paceklik kemenangan di lima laga sebelum duel kontra Persipura. Sebab tim yang akan mereka hadapi di pertandingan nanti dihuni oleh sederet pemain bintang.

"Kami baru saja mengakhiri tren negatif, dan kami berharap kemenangan kemarin jadi kebangkitan Persebaya. Usai menang kemarin, mental pemain sudah kembali, dan kami tentu siap menghadapi Madura United," kata pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Meski mentalitas pemainnya sudah pulih, Djanur yakin tak akan banyak membantu di laga ini. Pasalnya, Madura United kini sudah lebih kuat dibanding musim lalu. Buktinya, mereka mampu mengalahkan Persebaya 2-1 dalam derby Suramadu di Piala Indonesia 27 Juni 2019 lalu.  

"Tantangan selanjutnya masih menunggu di depan (Madura United), saya minta pemain tak rayakan euforia secara berlebihnan. Sebab penampilan kami juga belum baik," ujar pelatih asal Majalengka itu.

Seperti diketahui, saat ini Madura United menempati posisi ke-3 klasemen sementara Liga 1 2019, dengan koleksi 20 poin dari 10 laga. Sedangkan Persebaya bertengger di peringkat ke-6 dengan 17 poin dari 12 pertandingan.

Sebetulnya, Persebaya lebih diuntungkan kala menjamu Madura United, sebab waktu istirahat dan persiapan mereka jauh lebih panjang. Hal itu dikarenakan Bajul Ijo sudah melakoni pertandingan pekan ke-12 menghadapi Persipura Jayapura pada 2 Agustus lalu. Sementara Laskar Sappe Kerap masih harus melakoni laga away melawan Bhayangkara FC, Senin 5 Agustus 2019 malam nanti.

Persebaya sendiri bertekad memperpanjang rekor pertemuan lawan Madura United. Sebagai catatan, dari empat pertemuan kedua tim, Persebaya meraih tiga kemenangan, sekali seri, dan satu kali kalah. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini