Daniel Radcliffe.

Tanggapi JK Rowling, Netizen Sebut Harry Potter Seorang Malaikat

Hiburan 09 June 2020 18:00 WIB

Daniel Radcliffe, yang dikenal sebagai pemain utama film Harry Potter menanggapi cuitan kontroversi penulis J.K. Rowling. J.K. Rowling diduga sebagai anti trans dan transfobia lantaran mempertanyakan sebutan untuk orang yang menstruasi.

Daniel Radcliffe merespon hal tersebut melalui tulisannya yang dipublikasikan di website komunitas LGBT trevor.org. 

"Wanita transgender adalah wanita. Setiap pernyataan yang bertentangan, menghapus identitas, dan martabat orang transgender. Selain itu bertentangan dengan semua saran yang diberikan oleh asosiasi perawatan kesehatan profesional yang memiliki keahlian jauh lebih banyak mengenai masalah ini daripada JK Rowling atau aku.

Menurut The Trevor Project, 78 persen transgender dan pemuda non-biner dilaporkan menjadi subyek diskriminasi karena identitas gender mereka. Jelas bahwa kita perlu berbuat lebih banyak untuk mendukung transgender dan orang-orang non-biner, tidak membatalkan identitas mereka, dan tidak menyebabkan kerugian lebih lanjut,” tulisnya.

Mengetahui cuitan tersebut warganet angsung heboh. Berbagai komentar dari warganet mencuat. Ada sekitar dari 220 ribu cuitan warganet.

Mereka mengapresiasi respon dari pemain Harry Potter tersebut. Ada yang menyebutnya sebagai malaikat. Seperti cuitan akun @JeffreeStar. Dia mengunggah ulang artikel tanggapan Daniel dan menuliskan, "Tentu, Daniel Radcliffe adalah malaikat yang sesungguhnya".

Selain itu ada juga pengguna yang mengatakan jika Daniel Radcliffe adalah penulis buku serial Harry Potter.

“Daniel Radcliffe adalah cinta hidup dan matiku, ku pikir secara resmi kita bisa mengatakan dialah yang menulis buku serial Harry Potter,” tulis akun @dayaeuphoriaue dengan mengunggah screenshot tulisan Dan di Trevor.org.

Ada juga akun pendukung kampanye hak asasi manusia yang menyebut Gryffindor mendapat satu juta poin karena reaksi Dan yang tertulis di Trevor.org.

“Mendung jika transgender wanita adalah wanita, sejuta poin untuk Gryffindor. Makasih Daniel Radcliffe dan @trevorproject,” tulis @humanrightcampaign. 

Penulis : M. Rizqi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

08 Aug 2020 22:45 WIB

Rekom PDIP ‘Final’, Whisnu-Eri Maju di Pilwali

Pilkada

Rekom ini disebut-sebut atas perintah Jokowi.

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...