Tanda tangan mosi tidak percaya terhadap Josep Maria Bartomeu telah memenuhi kuota. (Foto: Twitter/@
Tanda tangan mosi tidak percaya terhadap Josep Maria Bartomeu telah memenuhi kuota. (Foto: Twitter/@

Tanda Tangan Mosi Tidak Percaya pada Bartomeu Mencapai Kuota

Ngopibareng.id Liga Spanyol 17 September 2020 19:15 WIB

Posisi Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, berada di bawah ancaman serius setelah jumlah tanda tangan mosi tidak percaya terhadap dirinya mencapai jumlah yang sesuai dengan permintaan.

Penyelenggara mosi tidak percaya mendapatkan 18.000 tanda tangan pendukung Barcelona pada Kamis 17 September 2020 pagi waktu setempat. Kini, dokumen itu akan diserahkan ke dewan klub untuk ditindaklanjuti.

Setelah ribuan tanda tangan itu diverifikasi, Barcelona akan memulai proses untuk menentukan arah kebijakan melalui pertemuan para dewan direksi. Dari situ pula akan dihasilkan keputusan apakah Bartomeu dipertahankan atau tidak.

Seperti dikutip dari Marca, tanggal keputusan akan diambil pada 10 atau 20 hari ke depan melalui mekanisme pemungutan suara. Jika ada dua pertiga petinggi Barca yang menghendaki Bartomeu harus meninggalkan kursinya, maka sang presiden harus pergi.

Terlepas dari itu, tanda tangan mosi tidak percaya pendukung Barcelona itu mengalami pertambahan yang sangat cepat. Sebab, hingga Rabu 16 September 2020 pagi, jumlah tanda tangan mosi itu baru mencapai 14.000. Namun, pada keesokan harinya sudah bertambah 4.000 tanda tangan.

Resistensi kepada Bartomeu itu terjadi ketika bintang Barcelona Lionel Messi mengirimkan burofax kepada pihak klub beberapa waktu lalu. Isi pesan yang dikirimkan itu tentang keinginannya meninggalkan Blaugrana.

Upaya Messi itu memicu kemarahan pendukung Barcelona. Ribuan fans klub raksasa Catalan pun turun ke jalan dan mendatangi Camp Nou. Mereka menyuarakan agar Bartomeu mundur karena dianggap tidak becus mengurusi klub sebesar Barca.

Namun, manajemen Barcelona mengacuhkan suara mereka dan membiarkan Bartomeu tetep di kursinya. Maklum, mereka tidak bisa memecat Bartomeu di luar aturan yang berlaku. Sehingga kemudian muncul usaha penggalangan tanda tangan mosi tidak percaya dari pendukung Barcelona.

Cara ini bisa saja berhasil dan tidak. Karena semua masih bergantung pada dewan direksi klub tersebut. Bila mayoritas mereka menghendaki Bartomeu dipecat, maka keinginan ribuan fans Barca akan tercapai. Tapi jika tidak, upaya itu akan kembali mentah.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 16:01 WIB

Kompetisi Tak Jelas, Persebaya Liburkan Latihan

Liga Indonesia

Aji mengaku sudah 'angkat tangan'

24 Oct 2020 16:00 WIB

Eri Cahyadi Bertekad Rombak Dolly Jadi Pusat UMKM Surabaya

Pilkada

Ia akan menjadikan Dolly sebagai pusat UMKM terbesar di Surabaya

24 Oct 2020 15:55 WIB

Persebaya Liburkan Pemain Sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Liga Indonesia

Persebaya tunggu kejelasan Liga 1

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...