Akan Dimakamkan secara Militer, Pentakziah Bu Ani pun Berdatangan

02 Jun 2019 06:19 Nasional

Jenazah almarhumah  Ani Yudhoyono akan dimakamkan hari ini Minggu 2 Juni 2019 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden RI Joko Widodo akan betindak selaku inspektur upacara.

Ani Yudhoyono wafat setelah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya sejak Februari lalu.

SBY, kedua putra dan menantunya, serta cucu-cucunya mendampingi ibu Ani di National University Hospital (NUH), Singapura, hingga tutup usia.

Mewakili keluarga almarhum, Andi Alvian Malarangeng
mengatakan, jenazah Ani Yudhoyono akan disemayamkan di Pendopo Cikeas, Puri Cikeas, Bogor, Jabar, pukul 08.00 WIB.

"Jenazah Ibu Ani akan disemayamkan di Pendopo Cikeas untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan memberikan penghormatan terakhir," kata Andi saat dihubungi di rumah duka, Minggu 2 Juni 2019.

Prosesi berikutnya pukul 12.00 WIB, jenazah Ani Yudhoyono akan dislatkan di Pendopo Cikeas. Sholat jenazah digelar setelah sholat Dzuhur berjemaah.

Pada pukul 13.00 WIB, diadakan upacara persemayaman jenazah di lokasi yang sama.
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, bertindak sebagai Irup persemayaman.

Setelah itu, jenazah di bawa menuju TMP Kalibata untuk dimakamkan dengan upacara militer.

Upacara pemakaman akan dimulai pukul 15.00 WIB. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak selaku Inspektur upacara pemakaman.

"Rute perjalanan rombongan Jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, Kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata," kata Imelda.

Jenazah Ibu Ani didampungi keluarga SBY tiba di rumah duka pukul 22.06 WIB, setelah diterbangkan dari Singapura.

Peti jenazah yang ditutupi Bendera Merah Putih kemudian dibawa masuk ke dalam kediaman.

Dua putra SBY dan Ani, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) tampak ikut mengangkat peti jenazah. Keduanya berada di baris terdepan.

Saat melewati pintu rumah, tangis AHY dan Ibas pecah.

Setelah peti ditempatkan di dalam rumah, SBY kemudian memasuki rumah duka yang sudah dipenuhi para pelayat.

SBY tampak menangis ketika menyalami para kerabat yang melayat.

Di dalam rumah sudah hadir Presiden Joko Widodo dan istri Iriana Jokowi, Presiden ketiga RI BJ Habibie, para pejabat, petinggi parpol, hingga tokoh nasional lain. Sementara Presiden ke 4 RI Megawati Soekarno Putri tidak terlihat di antara tamu yang hadir.

Ibu Ani tutup usia setelah berjuang melawan kanker darah di NUH, Sabtu pukul 11.50 waktu setempat. Ibu Ani dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019.

Jenazah Ani Yudhoyono sempat disemayamkan di Kedutaan Besar RI di Singapura, sebelum diterbangkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Kasubdit Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata Makam Pahlawan Nasional (MPN) dan Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN), Iri Sapria saat menjelaskan

lokasi makam almarhumah Ani Yudhoyono berada di Blok M Nomor 129. Berdekatan dengan makam almarhuma Ainun Habiebi, istri Preside ke 3 RI BJ Habiebi.

"Kami sudah koordinasi dengan garnisun, untuk lokasinya ditetapkan di Blok M Nomor 129. Kementerian Sosial hanya menyiapkan lahan untuk pemakaman. Sedangkan proses pemakaman dengan upacaranya menjadi tanggung jawab dari Garnisun, kata Iri Supria.(asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini