Aktivitas di Stasiun Banyuwangi Kota. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Tambah Perjalananan untuk Long Weekend, KAI Terapkan Protokol 3M

26 Oct 2020 11:16

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Mengantisipasi lonjakan penumpang pada long weekend pada akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 9 Jember menambah rangkaian perjalanan kereta api (KA). Diharapkan dengan penambahan perjalanan KA ini semakin banyak pengguna moda transportasi KA yang bisa dilayani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI Daop 9 siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA, yaitu KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap, dan KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon,” ujar Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, Senin, 26 Oktober 2020.

Agus Barkah menambahkan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap dioperasikan pada 24-25, dan 27-31 bulan Oktober 2020. KA Ranggajati beroperasi  27 Oktober 2020. Penambahan perjalanan ini melengkapi jumlah oeprasional KA yang ada di Daop 9 Jember.

Sebelumnya telah beroperasi KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang Kota Lama, KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan, KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng, KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Pandanwangi relasi Jember-Ketapang.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan KAI. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada 24 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 5.345 tempat duduk /hari, naik 20% dibandingkan dengan sebelum long weekend sebanyak 4.440 tempat duduk /hari.

"Tiket KA libur long weekend sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," jelas Agus Barkah.

Dia menegaskan KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 yang masih berlaku. KAI hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sebagai bentuk penerapan physical distancing atau menjaga jarak selama dalam perjalanan.

Agus Barkah mengatakan, masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkas Agus Barkah.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun