Pelatih timnas Indonesia asal Korsel, Shin Tae-yong. (Foto: pssi.org)

Tak Kunjung Balik ke Indonesia, PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong

Timnas 20 June 2020 14:01 WIB

Asosiasi sepakbola Indonesia (PSSI), mengancam memecat pelatih tim nasional Indonesia asal Korea Selatan, Shin tae-Yong. Selain tak kunjung kembali ke Indonesia, Shin Tae-Yong juga melontarkan kritik keras kepada PSSI saat ia diwawancarai oleh media lokal di Korsel.

Dalam wawancara itu, mantan pelatih Timnas Korsel itu mengatakan bahwa ia ingin menggelar pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Negeri Gingseng. Alasannya, apalagi kalau bukan karena kasus Covid-19 yang masih massif di Indonesia.  

Menurutnya, setiap harinya kasus Covid-19 di Indonesia, terus bertambah hingga mencapai 1000 orang positif. Dengan masih tingginya kasus tersebut, menurut Shin Tae-Yong tak mungkin bisa menggelar pemusatan latihan Timnas dengan baik dan serius.

Tak hanya perkara Covid-19,Shin Tae-yong ingin pemusatan latihan digelar di Korsel agar timnas bisa menggelar pertandingan uji coba melawan tim-tim berkualitas di Korea Selatan. Menurutnya, jika pemusatan latihan timnas U-19 tetap digelar di Jakarta, anak asuhnya akan kesulitan mendapatkan lawan setara dengan mereka.

Ia merasa uji coba dengan tim yang selevel atau bahkan lebih tangguh, adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kualitas timnas, terutama untuk bisa membawa timnas U-19 Indonesia tampil perkasa di Piala Asia U-19 2020 pada 14-31 Oktober di Uzbekistan.

Alih-alih digubris dan dikabulkan PSSI, Shin Tae-yong justru terancam dipecat karena hingga saat ini dirinya tak kunjung kembali ke Tanah Air. PSSI tetap kekeuh ingin menggelar pemusatan latihan di Jakarta.

Menurut PSSI, jika pemusatan latihan dilakukan di Jakarta, maka Shin Tae-Yong juga bisa fokus dalam menangani timnas senior yang sedang menyongsong Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

Ketua Tim Satgas Timnas Indonesia, Syarif Bastaman mengatakan, jika Shin Tae-yong tak segera datang, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dan bisa jadi memecat pelatih Korsel itu.

Ia juga membandingkan dengan mantan Pelatih Manchester United, Alex Ferguson. “Kalau Shin Tae-yong tidak datang, kami akan evaluasi, mungkin dipecat. Sejago siapapun dia, namanya Alex Ferguson juga jago, sudah terikat kontrak. Kalau tidak datang, tidak mau melatih, ini bangsa besar bung,” kata Syarif.

Syarif mengatakan, PSSI sudah memberikan tenggat waktu kepada Shin Tae-yong untuk segera datang ke Indonesia. Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu diharapkan datang paling lambat pekan depan, untuk bertemu PSSI dan membicarakan programnya untuk Timnas.

"Kami minta datang minggu depan. Kami lihat minggu depan datang atau tidak dia,” pungkasnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 18:20 WIB

Wapres Bicara Soal K-Pop

Nasional

Wapres Ma'ruf Amin berharap K-Pop mendorong anak-anak muda Indonesia

20 Sep 2020 18:16 WIB

Satpol PP Pemkab Banyumas Dilarang Pakai Masker Scuba

Nasional

Dilarang pakai masker scuba di lingkungan Satpol PP Pemkab Banyumas.

20 Sep 2020 18:09 WIB

Mendikbud: Sejarah Adalah Tulang Punggung Identitas Bangsa

Nasional

Mendikbud pelajaran sejarah akan dihapuskan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...