Tak Cuma Wortel, Ini 5 Makanan yang Ampuh Jaga Kesehatan Mata

13 Jun 2018 16:48

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Membahas tentang kesehatan mata, satu makanan yang paling diingat adalah wortel. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin A dalam wortel memang identik dengan kesehatan indera penglihatan ini.

Tak hanya wortel, ternyata ada beberapa makanan yang juga punya fungsi serupa loh. Makanan-makanan ini dipercaya bisa mengatasi masalah mata dan menyehatkannya.

Penasaran apa saja makanan sehat untuk mata? Ini lima makanan yang baik untuk kesehatan mata:

Telur.

1. Telur

Mungkin kamu tidak membayangkan bahwa telur juga baik untuk kesehatan mata. Nyatanya, telur kaya akan lutein, zeaxanthin, dan seng. Kandungan tersebut dalam mengurangi degenerasi makula (penurunan pengelihatan karena faktor usia) dan katarak.

Jagung.

2. Jagung

Kamu mungkin juga bertanya-tanya mengapa jagung masuk dalam kategori makanan yang menyehatkan mata. Perlu diketahui, ketika jagung dimasak dalam waktu cukup lama, dapat meningkatkan jumlah lutein, yang mampu mencegah katarak.

Sayuran hijau.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan bentuk antioksidan yang mampu mengurangi katarak. Sayuran hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Kismis.

4. Kismis

Kismis hitam mengandung banyak anthocyanin yang merupakan antioksidan. Kandungannya juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Almond.

5. Almond

Almond merupakan makanan yang kaya akan vitamin E. Konsumsi almond dapat memperlambat degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan penyakit mata seiring bertambahnya usia seseorang. Penyakit serius pada retina mata ini membuat penglihatan kabur atau kurang jelas.

Nah, itulah tadi lima makanan yang baik untuk kesehatan mata selain wortel. Semoga bermanfaat!