Tak Belajar dari Insiden Bunuh Diri Sulli, Netizen Bully SoMi

08 Nov 2019 05:02 ngopiK-pop

Jeon SoMi mengumumkan bahwa dirinya akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi pada 14 November 2019 mendatang.

Ujian masuk perguruan tinggi ini merupakan salah satu tes paling penting bagi siswa sekolah menengah atas di Korea Selatan.

SoMi yang kini masih menjalani tahun terakhir di sekolah Hanlim Multi Arts dikabarkan telah mengatur agenda untuk menyeimbangkan waktu bekerja sebagai penyanyi dan belajar.

Kabar gembira dari artis berdarah campuran Kanada-Korea Selatan ini mendapatkan ragam reaksi dari netizen Korea Selatan yang mengikuti Instagram sang pelantun Birthday.

Kebanyakan dari mereka mencibir bahwa SoMi pasti akan mendapatkan perlakuan khusus karena statusnya sebagai seorang selebriti.

"Untuk apa dia belajar, dia akan dapat perlakuan khusus," tulis seorang netizen.

"Dia pamer soal waktu belajar, semua tahu ujiannya hanya formalitas," imbuh netizen lainnya.

"Ini tidak adil, banyak siswa yang belajar keras, dia hanya butuh terkenal, suaranya juga tidak bagus," ungkap netizen.

Reaksi negatif pada SoMi mengalir sehingga membuat sebagian kecil netizen Korea lainnya geram. Mereka merasa kritikan pada gadis 18 tahun itu cerminan situasi tidak terkontrol ranah media sosial di Negara Ginseng.

"Mereka (netizen Korea) tidak pernah belajar dari kasus tragis Sulli," bela salah satu netizen.

"Apa yang salah dengan SoMi belajar, tetap semangat eonnie," pungkas netizen lainnya.

Beruntung semua komentar yang mem-bully SoMi tersebut terus mendapatkan pembelaan dari netizen Korea lainnya yang terus mengingatkan pengaruh dari kata-kata tajam pada kesehatan mental seseorang, terlebih para artis.

Seperti kejadian yang menimpa Sulli, mantan member girlgroup f(X). Ia tewas bunuh diri karena depresi karena kerap menjadi korban bully di media sosial.

SoMi debut sebagai penyanyi solo lewat single lagu bertajuk Birthday, pada 9 Maret 2001 silam. Ia debut di bawah naungan The Black Label, agensi yang merupakan sub agensi dari YG Entertainment.

Perjalanan SoMi menuju debut ini bukanlah hal yang mudah. Mantan member IOI ini sempat beberapa kali gagal debut. Berbeda dengan teman-temannya di girlgroup IOI yang sudah eksis dengan grupnya masing-masing maupun solo karir.

SoMi justru kembali menjadi trainee. Saat ia bergabung dengan JYP Entertainment, ia sempat dikabarkan akan debut dengan ITZY. Namun, SoMi memilih berpindah agensi.

Saat gabung pertama kali dengan JYP Entertainment pada tahun 2013, SoMi diperkenalkan ke publik lewat acara Let's Go! Dream Team Season 2, yang tayang di channel KBS2. Ini merupakan acara games halang rintang olahraga yang dimainkan oleh para artis.

SoMi kembali diperkenalkan ke publik pada 2015. Kali ini ia tampil di program survival SIXTEEN yang diselenggarakan JYP Entertainment. Namun usaha SoMi gagal di babak final sehingga ia urung bergabung bersama TWICE.

Usai gugur di program survival SIXTEEN, SoMi kembali mengambil peruntungan dengan ikut program survival Produce 101 Season 1 pada Januari 2016.

Di acara ini, SoMi beradu bakat dengan trainee lain seperti Kim Sejeong dan Mina GUGUDAN, Deyeon dan Yoojung Weki Meki, dan masih banyak lagi.

Kali ini gadis kelahiran 9 Maret 2001 ini berhasil mencapai puncak dan menjadi ranking pertama di PRODUCE 101. Ia berhasil debut bersama IOI sebagai center sekaligus maknae.

Sayang, perjalanannya bersama IOI pun usai dalam waktu singkat, karena sejak awal grup tersebut hanyalah project sementara. Mau tak mau, SoMi kembali menjadi trainee di JYP Entertainment.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini