Masjid Istiqlal. (Foto: Antara)

Tak Ada Salat Id, Masjid Istiqlal Gelar Takbiran Virtual

Nasional 23 May 2020 14:54 WIB

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri 1441 H Minggu, 24 Mei 2020.

Takbir Akbar pada malam lebaran juga ditiadakan.Takbiran hanya dilakukan secara virtual.

"Masjid hanya akan menggelar takbir secara virtual bersama Wapres KH Ma'ruf Amin ," kata Abu Hurairah, Sabtu 23 Mei 2020.

Menurut Abu Hurairah, tidak diselenggarakannya takbir akbar dan shalat Id ini dikarenakan ada permintaaan dari Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, Menteri Agama serta dari MUI.

Dalih tidak diselenggarakannya takbir akbar dan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dan Masjid yang lain untuk nencegah penularan Covid-19 serta adanya PSBB. "Umat Islam diserukan untuk shalat Idul Fitri di rumah saja," kata Abu.

Ia menyebutkan, sejak Istiqlal berdiri, baru sekarang tidak ada takbiran dan shalat Idul Fitri. 

Presiden Joko Widodo sebelumnya memastikan bahwa menjelang dan saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan.

Pemerintah sama sekali tidak melarang ibadah, namun mengimbau agar peribadatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama.

"Kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran Covid-19 ini adalah kedisiplinan kita. Kedisiplinan untuk mencuci tangan, menjaga jarak yang aman, mengenakan masker, dan menghindari keramaian atau konsentrasi massa. Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri," ujar Presiden saat memimpin rapat terbatas mengenai persiapan Idul Fitri 1441 Hijriyah melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 19 Mei 2020.

 

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 13:21 WIB

Lirik, Chord Kunci Gitar dan Fakta Lagu Cuek Rizky Febian

Musik

Rizky Febian sukses mengeluarkan lagu baru berjudul Cuek

08 Aug 2020 12:55 WIB

Kepala Dipukul Toples, Istri Siri Vs Istri Sah Saling Lapor

Kriminalitas

Istri siri lapor dikeroyok, sedangkan istri sah lapor perzinahan.

08 Aug 2020 12:35 WIB

Prediksi Barcelona vs Napoli: Misi Barcelona Putus Rekor Buruk

Liga Champions

Dalam dua duel terakhir kontra tim Serie A, Barcelona selalu kandas

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...