Perayaan Earth Hour yang digelar di depan Perpustakaan Bank Indonesia Jalan Raya Darmo, Surabaya, pada Sabtu 24 Maret 2018. (foto: ngopibareng)
Perayaan Earth Hour yang digelar di depan Perpustakaan Bank Indonesia Jalan Raya Darmo, Surabaya, pada Sabtu 24 Maret 2018. (foto: ngopibareng)

Tahun Ini Perayaan Earth Hour di Surabaya, Usung Tema Connect to Earth

Ngopibareng.id Surabaya 24 March 2018 23:43 WIB

Perayaan Earth Hour yang digelar di depan Perpustakaan Bank Indonesia Jalan Raya Darmo, Surabaya, pada Sabtu 24 Maret 2018, pukul 20.30 hingga 21.30 saja berlangsung cukup unik.

Mereka yang mengatasnamakan anak-anak muda di Surabaya, menata kaleng bekas membentuk angka 60+. Kaleng yang diberi sumbu dan diisi minyak tanah tersebut dinyalakan sehingga membentuk cahaya yang cukup bagus.

Dalam perayaan kali ini, ketua pelaksana, Adriani Valianda Tobing mengatakan, tema tahun ini adalah 'connect to earth'. "Jadi semua yang kita gunakan disini bahan-bahan bekas, seperti kaleng bekas dan minyak bekas menggoreng atau jelanta," ujar Tobing.

Acara yang rutin digelar di Surabaya sejak 2011 itu tak hanya mengajak peserta untuk berhemat energi saja. Dia juga mengkampanyekan aksi peduli flora dan fauna.

"Misalnya, di Surabaya yang merupakan kawasan pesisir, ada hutan mangrove tempat tinggal berbagai ekosistem, jadi harus kita rawat sebaik mungkin," sambungnya.

Tobing berharap, acara ini nantinya bisa semakin meriah di setiap tahunnya. Dia juga ingin kesadaran masyarakat akan pentingnya energi dan alam turut meningkat sehingga anak muda bisa lebih peduli.

Seperti diketahui, perayaan Earth Hour tak hanya dirayakan di Surabaya saja, seluruh dunia pun ikut merayakan acara ini. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 19:23 WIB

AHY Harap Kerja Nyata dari Khofifah-Emil Menangkan MAJU

Pilkada

Demokrat all out menangkan Machfud Arifin-Mujiaman

26 Nov 2020 17:30 WIB

Silang Politik PCNU Surabaya dan PWNU Jatim

Pilkada

PCNU Surabaya dan PWNU Jatim saling klaim pelanggaran etik dan disiplin.

26 Nov 2020 17:15 WIB

Unggul Survei SMRC, Eri: Alhamdulillah Ini Buah Kerja Keras

Pilkada

Ia tak mau jumawa meski unggul jauh

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...