Tahun Ini, Kemenhub Telah Siapkan Puluhan Kapal untuk Mudik Gratis

Ngopibareng.id Nasional 03 March 2018 08:00 WIB

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo menyampaikan, bahwa kementriannya akan menyiapkan puluhan armada kapal perintis untuk mengangkut pemudik dengan gratis tahun ini. Kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari 70 kapal baru yang akan selesai pembuatannya pada April 2018 mendatang.

"Rencananya, kapal-kapal itu akan selesai semua April 2018, sehingga bisa langsung digunakan untuk mengangkut mudik gratis," kata Agus.

Selain Agus, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno mengungkapkan, kapal-kapal yang dipesan sejak 2015 itu akan digunakan untuk armada angkutan perintis, baik orang maupun barang, serta mendukung program tol laut. Demi menyediakan 70 kapal tersebut, pemerintah menggelontorkan sekitar Rp3,5 triliun.

"Sebelum kapal-kapal itu ditaruh di daerah-daerah untuk angkutan perintis, Pak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta untuk ditaruh dulu di sini sebagai angkutan mudik," timpalnya.

Adapun, pendaftaran mudik gratis akan dibuka sekitar 1,5 bulan sebelum perayaan lebaran tahun ini. "Kami harap mudik gratis dapat memuluskan aktivitas mudik masyarakat tahun ini.

Perlu diketahui, seluruh kapal tersebut dibuat di Indonesia di mana Tingkat Kompenen Dalam Negerinya berkisar 35 hingga 40 persen. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Aug 2020 15:15 WIB

Polres Malang Tangkap Dua Pelaku Pemalsuan KIR Elektronik

Kriminalitas

Pelaku pemalsuan KIR elektronik terancam penjara 6 tahun.

27 Aug 2020 14:00 WIB

Kasus Pemalsuan Uji KIR Elektronik Pertama di Indonesia Diungkap

Perhubungan

Kemenhub menyaksikan pengungkapan kasus pemalsuan Uji Kir Elektronik.

07 May 2020 19:45 WIB

Transportasi Dibuka, Bupati Anas Sebut Kemenhub Beri PR Daerah

Jawa Timur

Relaksasi Moda Tranportasi Tambah PR Baru Bagi Daerah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...