Salah satu anggota dipasangkan pangkat oleh sang istri dalam pengesahan di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin 30 Desember 2019. (foto: Fariz/ngopibareng.id)

Tahun Baru, 3.857 Anggota Polri Jatim Dapat Pangkat Baru

Jawa Timur 31 December 2019 01:46 WIB

Menjelang tahun baru, sebanyak 3.857 anggota polri yang berada di wilayah Jawa Timur mendapat hadiah berupa kenaikan pangkat baru. Prosesi pengesahan dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin 30 Desember 2019.

Dalam proses tersebut, secara simbolis Kapolda mengesahkan sekitar 1.030 anggota dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, Polres Sidoarjo, dan Polres Gresik.

Prosesi berlangsung dalam suasana suka cita, suami maupun istri para anggota dengan haru dan sumringah menyematkan pangkat di pundak sekaligus memberikan bunga sebagai tanda kasih.

Tak ketinggalan, Kapolda Jatim semakin menambah haru dengan lagu Terima Kasih Cinta yang ia persembahkan khusus kepada para anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat dan keluarganya. Serta ada parade kembang api yang menyemarakkan kegiatan ini.

Sebagai puncak pengesahan, para anggota disiram air dari sekitar empat mobil watercanon dan dua mobil pemadam kebakaran. Selama penyiraman, sajak perjuangan dan pengorbanan dibacakan untuk mengiring semangat para anggota dalam bertugas dengan pangkat baru.

"Kami baru saja melakukan kenaikan pangkat dengan tradisi yang sama seperti sebelumnya, karena kami menganggap kenaikan pangkat ini tidak lepas dari doa keluarga, orang tua, dan anak. Makanya tadi kita bacakan sajak, kemudian saling memasangkan pangkat," ujar Luki Hermawan.

Ia pun berharap dengan prosesi ini dapat membuat para anggota lebih semangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Krembangan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Isminto mengaku senang dengan sambutan yang diberikan khusus oleh Kapolda.

“Saya gembira dengan pelantikan di Polda karena sangat meriah, ada kembang api, ada penyiraman. Kemudian kita sujud saat penyiraman untuk merenungkan diri agar lebih baik ke depannya. Jadi khidmatnya sangat terasa malam mini,” ujar Isminto.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 16:45 WIB

Presiden Diminta Segera Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Jawa Timur

Desakan datang dari koalisi masyarakat sipil mataraman.

25 Feb 2020 16:31 WIB

Jackie Chan Dikarantina karena Virus Corona?

Gosip Artis

Jackie Chan diserang isu corona.

25 Feb 2020 16:24 WIB

Dana Desa Turun, Setiap Desa Akan Terima Sekitar Rp960an Juta

Jawa Timur

Gubernur minta kabupaten dan kecamatan lakukan pendampingan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.