Konsep sekolah drive thru di TK Anak Saleh, Kota Malang (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Jaga Jarak, TK di Malang Terapkan Sekolah Drive Thru

Pendidikan 13 July 2020 17:10 WIB

Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Malang menerapkan sekolah drive thru untuk menyambut tahun ajaran baru 2020/2021. Sekolah drive thru tersebut diperuntukkan agar para peserta didik merasa memiliki kewajiban untuk sekolah sekaligus mengobati kerinduan bertemu dengan para guru.

“Lewat konsep ini, siswa jadi merasa bahwa mereka tetap memiliki kewajiban sekolah di tengah pandemi Covid-19, sekaligus untuk mengobati rasa kangen dengan para guru,” ujar Kepala Sekolah TK Anak Saleh, Mike Arifin pada Senin 13 Juli 2020.

Konsep drive thru di TK Anak Saleh dimulai dengan penyambutan kedatangan para siswayang berbaris rapi di depan sekolah. Dengan diantar orang tuanya, guru menyambut kedatangan siswa dengan membagikan balon dan pelindung wajah.

Proses itu dilakukan tanpa melibatkan interaksi fisik. Siswa tetap berada di dalam kendaraan masing-masing. Ada yang datang berkendara mobil, banyak juga yang menumpang motor dibonceng orang tuanya.

“Drive thru ini salah satu program pembelajaran yang sudah kami susun selama satu semester ini. Karena pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran tatap muka belum diperbolehkan,” kata Mieke.

Selain menerapkan konsep drive thru, sekolah yang berada di Jalan Candi Panggung itu juga memiliki program home visit atau mengunjungi para siswa ke rumahnya masing-masing. “Selain sistem daring, kami ada kunjungan rumah supaya anak-anak semakin paham bahwa mereka masih bersekolah, masih mendapatkan pendidikan. Orang tua siswa juga sangat mendukung program ini,” tuturnya.

Salah satu wali murid, Novi mengungkapkan dengan adanya konsep sekolah drive thru ini, buah hatinya bisa mengobati kerinduan bertemu dengan para gurunya. "Meski hanya bertemu sebentar dengan guru, tetapi yang penting bisa ke sekolah,” tutupnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...