Arif Fathoni Ketua Fraksi Golkar sekaligus anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Surabaya. (Foto: Faiq Azmi/Ngopibareng.id)

Tahapan Pemilukada tetap Jalan, Golkar Surabaya Minta Reksos

Pilkada 03 June 2020 13:17 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah memastikan jika tahapan Pemilukada akan tetap dijalankan meski di tengah suasana Pandemi Covid-19. Melihat hal itu, Fraksi Golkar DPRD Surabaya Arif Fathoni meminta kepada setiap daerah untuk menerapkan pola rekayasa sosial jika tahapan tersebut tetap berjalan.

"Jika itu sudah menjadi keputusan, dan tidak ada perubahan lagi, maka pemerintah daerah (Pemda) yang akan menyelenggaran pemilukada harus siap, yang tentunya harus diimbangi dengan penguatan interaksi sosial yang berbasis protokol kesehatan yang ketat," ucap Ketua Fraksi Golkar Arif Fathoni di Gedung DPRD Surabaya Jalan Yos Sudarso, Rabu 3 Juni 2020.

Jika hal itu tetap berlanjut, anggota Komisi A itu meminta kepada panitia penyelenggara dan pemerintah daerah untuk giat menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Seperti halnya proses verifikasi yang biasanya dilakukan secara bergerombol disiasati dengan cara parsial

"kontak-kontak langsung yang berhadapan dengan masyarakat itu memang harus memegang prinsip protokol kesehatan," lanjutnya.

Menurut Tony keputusan pemerintah pusat dan KPU pusat yang tetap menjalankan tahapan Pemilukada ini harus tetap dihormati. Karena menurutnya proses kajian akademis dan beberapa pertimbangan yang antara eksekutif, legislatif bersama KPU telah dilakukan secara matang.

"Jadi mungkin kebijakan pemerintah pusat itu sudah dipikirkan terhadap dampak-dampaknya, dan tentu aspek kesehatan sudah menjadi bahan yang diperbincangkan di teman-teman KPU dan DPR pusat," jelasnya.

Seperti kita ketahui, dalam draft tertulis pada Peraturan KPU (PKPU) perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020. Pada 15 Juni 2020 KPU akan kembali menjalankan badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk kembali menjalankan tugasnya.

Penulis : Ni'am Kurniawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 07:02 WIB

Jaga Selamat, Muhammadiyah Putuskan Gelar Tanwir Daring Juli 2020

Khazanah

Hasil Rapat Pimpinan Muhammadiyah Tingkat Pusat

06 Jul 2020 06:46 WIB

Pancasila dan Penjual Sate Madura, Terasa Cerdiknya

Humor Sufi

Humor selalu mencairkan suasana tegang

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...