Pemain Madrid, Nacho, menghibur salah satu pemain Leganes yang sedang sedih setelah gagal menyelamatkan timnya dari degradasi. (Foto: Twitter/@CDLeganes)
Pemain Madrid, Nacho, menghibur salah satu pemain Leganes yang sedang sedih setelah gagal menyelamatkan timnya dari degradasi. (Foto: Twitter/@CDLeganes)

Tahan Imbang Madrid, Leganes Tetap Terdegradasi

Ngopibareng.id Liga Spanyol 20 July 2020 08:10 WIB

Leganes harus turun kasta setelah hanya bermain imbang dengan Real Madrid di laga terakhir La Liga 2019/2020 di Butarque, Senin 20 Juli 2020dini hari WIB tadi. Tim besutan Javier Aguire patut meratapi kegagalan ini karena mereka dipaksa bermain imbang 2-2 oleh juara La Liga.

Dua gol Leganes dilesakkan oleh Bryan Gil di menit 45+1 dan Roger Assale (78’). Sementara dua gol Madrid dihasilkan oleh Sergio Ramos (9’) dan Marco Asensio (52’).

Dengan hasil ini, Leganes gagal menyalip Celta Vigo yang bermain 0-0 dengan Espanyol di waktu yang sama. Mereka pun tertahan di urutan ke-18 atau tepat di bawah zona aman yang ditempati Celta Vigo (17).

Leganes sejatinya bisa memenangkan pertandingan ini andai penyelesaian para pemainnya akurat. Sayang, mereka membuang sejumlah peluang emas, sehingga harus mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang.

Hal itu bisa dilihat dari statistik pertandingan. Meski kalah dalam penguasaan bola, 44 persen milik Leganes berbanding 56 untuk Madrid, mereka mempunyai tujuh peluang bersih. Bandingkan dengan Madrid yang hanya melakukan tembakan ke gawang sebanyak empat kali.

Jalannya pertandingan

Madrid yang datang dengan status juara La Liga musim ini tampil menyerang sejak peluit kick off dibunyikan sang wasit. Fede Valverde membuka peluang pertama bagi Madrid lewat tembakan jarak jauh. Namun masih bisa ditepis kiper Leganes, Ivan Cuellar.

Berondongan Madrid akhirnya membuahkan hasil di menit ke-9. Meneruskan tendangan bebas Isco di di luar kotak penalty sisi kanan pertahanan Leganes, Sergio Ramos yang berdiri bebas berhasil menanduk bola ke gawang Leganes.  Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal 0-1, Leganes tersentak. Mereka yang diwajibkan menang agar terhindar dari degradasi pun tampil lebih terbuka. Gempuran mereka pun akhirnya memecah kebuntuan saat babak pertama memasuki tambahan waktu.

Adalah Bryan Gil yang berhasil menyarankan bola ke gawang Real Madrid. Didahului aksi individu di sisi kanan kotak penalty, Bryan melepaskan tembakan mendatar menyilang. Meski tak terlalu keras, bola melewati kedua kaki Alphonse Areola. Skor sama kuat mengakhiri babak pertama.

Di awal babak kedua, Real Madrid kembali melancarkan serangan bergelombang. Namun gol kedua Madrid baru tercipta di menit ke-52 melalui tembakan kaki kiri Marco Asensio setelah menerima umpan matang dari Isco.

Keunggulan itu bertahan cukup lama, sebelum Roger Assale kembali membuat kedudukan menjadi imbang 2-2. Diawali umpan silang yang dikirimkan Jonathan Cristian Silva, Assale yang merangsek masuk ke kotak penalty langsung menyambarnya, bola pun melewati hadangan Areola dan gol. Skor 2-2.

Di sisa babak kedua, Leganes hampir mendapatkan hadiah penalt setelah bola yang dikirim dari sepak pojok menyentuh tangan salah satu pemain Madrid di kotak terlarang. Namun setelah mengecek VAR, sang pengadil memutuskan tak memberikan penalti bagi Leganes.

Setelah peluang tersebut, Leganes terus menggempur pertahanan Madrid. Peluang terakhir pun mereka dapatkan melalui Oscar Rodriguez yang melakukan aksi individu yang diakhiri tembakan keras di dalam kotak penalti. Namun sayang, tembakan yang ia lepaskan melambung ke atas mistar gawang.

Dengan hasil ini, Leganes harus turun ke Segunda Division bersama Real Mallorca dan Espanyol. Sementara Madrid berhasil menjaga kehormatannya setelah tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir.   

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 13:51 WIB

BNN: Jika Tak Punya Resep Dokter Millendaru bisa Dijerat Pidana

Nasional

Millendaru kembali berurusan dengan narkoba. Kali ini ia positif benzo.

28 Feb 2021 13:39 WIB

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di RSLI Lebih Dari 90 Persen, Menkes

Surabaya

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di RSLI Lebih Dari 90 Persen, Menkes Apresiasi

28 Feb 2021 13:28 WIB

Akhir Pekan, 72 Penumpang KA di Stasiun Malang Pakai Test GeNose

Perhubungan

Test Genose mulai ada di Stasiun Malang Kota Baru.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...