Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq. (Foto: Instagram)

Tagar #ShameOnYouSyedSaddiq, Video Pengeroyokan Diklaim Hoaks

Internasional 23 November 2019 12:36 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq, menyebut bahwa video pengeroyokan suporter Indonesia usai Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang viral di media sosial adalah hoaks.

Syed Saddiq bahkan meminta agar masyarakat Indonesia tidak termakan kabar bohong tersebut.

"Kepada rekan-rekan di Indonesia tolonglah jangan percaya hoaks, berita palsu, fitnah yang mengatakan ada pendukung Indonesia yang dipukul dan juga ada penusukan yang dilakukan oleh pendukung Malaysia," dikutip dari Instagram @syedsaddiq.

Ia menyebut sudah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian Malaysia. Kepolisian dari negara beribukota Putra Jaya ini juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian Indonesia dan menyatakan video yang ramai tersebar adalah tidak benar.

"Video itu tidak berkenaan dengan sepak bola di antara Indonesia dan Malaysia. Jangan karena hoaks hubungan di antara dua negara ini jadi terbebani," ujar menteri berusia 26 tahun ini.

Syed Saddiq berharap hubungan baik antar dua negara serumpun ini tidak hancur akibat peredaran informasi hoaks yang banyak dipercaya kemudian menyulut emosi. Dalam keterangan video yang ia unggah sekitar pukul 18.00 WIB itu, Saddiq melampirkan sebuah artikel dari media olahraga Indonesia yang mencantumkan pernyataan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewabrata yang juga menyebut video yang beredar merupakan hoaks.

Klaim Syed Saddiq memancing amarah netizen Indonesia. Tanda pagar (tagar) #ShameOnYouSyedSaddiq viral di jejaring Twitter pada Sabtu, 23 November 2019.

Bukan hanya netizen, para jurnalis bahkan presenter bola Darius Sinathrya turut yang mengungkapkan kekecewaannya pada Syed Saddiq. Pasalnya, ia tak menyampaikan permohonan maaf, justru menyebut peristiwa itu sebagai kabar bohong.

"Anda @SyedSaddiq masing ingin me-highlight hoaks untuk menutupi fakta mental barbar suporter Anda? Come on boy, kalau masih ingin bertetangga dengan baik, sebagai pejabat kendurkan keangkuhan Anda. #ShameOnYouSyedSaddiq," komentar jurnalis Zulfikar Akbar.

"Anda menyatakan video yang beredar sebagai fitnah, hoaks, dan tidak betul. Lalu anda menyatakan 'polis mengesahkan kejadian di luar stadion'. Jadi mana yang benar @SyedSaddiq? Macam begini pantas jadi Mentri Belia dan Sukan Malaysia @chedetofficial? #ShameOnYouSyedSaddiq," kecam aktor sekaligus presenter bola, Darius Sinathrya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2019 17:22 WIB

Menpora Malaysia Ngamuk Bendera Negara Salah Gambar

Internasional

Insiden salah gambar bendera di ajang kejuaraan bola basker junior Malaysia.

24 Nov 2019 16:53 WIB

Bikin Gaduh, Menpora Malaysia Minta Maaf hanya di Media Sosial

Internasional

Tak ada surat resmi, Menpora Malaysia cuma minta maaf di IG dan Twitter.

06 Sep 2019 11:15 WIB

Menpora Malaysia Minta Biang Kerusuhan Ditindak Tegas

Nasional

Kehadiran saya untuk menyampaikan maaf atas nama masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.