Tagar #powercut, Inggris Mati Listrik

10 Aug 2019 16:30 Internasional

Peristiwa Jakarta mati lampu atau blackout, rupanya menular sampai ke Inggris. Sebagian besar Inggris juga dilanda pemadaman listrik yang mempengaruhi jadwal kereta, pemadaman lampu lalu lintas, hingga mengganggu jam penerbangan bandara, pada Jumat malam kemarin hingga hari ini, Sabtu 10 Agustus 2019.

Menurut laporan Reuters, pemadaman listrik meliputi London, tenggara dan barat laut Inggris dan Skotlandia. Pemadaman lampu ini membuat ratusan ribu orang di negeri Ratu Elizabeth II itu untuk sementara waktu hidup tanpa listrik.

UK Power Networks mengatakan masalah ini disebabkan oleh kegagalan jaringan National Grid, yang memiliki sistem transmisi listrik di Inggris dan Wales.

Semua kereta di King's Cross tidak bergerak. Wartawan BBC, Emma Petrie, mengatakan ada pengumuman yang meminta penumpang untuk meninggalkan stasiun. Papan di stasiun Waterloo tidak menunjukkan kereta berangkat pada platform apapun.

Penumpang di Bandara Newcastle mengatakan listrik padam selama sekitar 15 menit sedangkan penumpang di bandara Heathrow, Gatwick dan Luton mengatakan mereka tidak terpengaruh. Di Cheshire, Inggris barat laut, pemadaman listrik juga dialami daerah Pelabuhan Ellesmere.

Kemudian, Western Power Distribution, mengatakan pihaknya sedang menangani masalah ini dan mengharapkan listrik dipulihkan pada pukul 18.30 British Summer Time (BST). Semua jaringan Kereta Api telah dihentikan setelah adanya lonjakan listrik di Jaringan Nasional tetapi saat ini sistem sinyalnya telah kembali aktif.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan telah mengirim beberapa petugas ke stasiun kereta api untuk memberikan bantuan kepada para penumpang. Sedangkan Rumah Sakit Ipswich mengatakan pihaknya terkena pemadaman listrik secara total dan generator cadangannya gagal berfungsi. Sehingga membuat pasien panik.

Masyarakat pun ramai menggunggah gambar di media sosial, yang menunjukkan aktivitas mereka dalam kegelapan dan terpaksa harus menggunakan lampu ponsel mereka sebagai obor.

Di Inggris, tanda pagar (tagar) atau hashtag #powercut pun ramai di jagad media sosial London. Pihak UK Power Networks pun angkat suara di Twitter. Dalam unggahannya, mereka menegaskan bawah ada kegagalan jaringan National Grid yang mempengaruhi pemadaman massal ini.

"Kami menyadari pemadaman listrik yang mempengaruhi sebagian besar wilayah London dan tenggara (Inggris). Kami percaya ini disebabkan oleh kegagalan jaringan National Grid, yang mempengaruhi pelanggan kami. Kami mungkin tidak dapat menjawab setiap tweet saat ini. Harap perhatikan feed kami (berikutnya) untuk informasi terbaru," kata UK Power Networks di Twitter.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini