Tanggapan warganet tentang rencana kebijakan Mendikbud dalam pelaksanaan pembelajaran Online. (Foto: Twitter)

Tagar MendikbudSalahUrus Ramai di Twitter, Begini Reaksi Warganet

Pendidikan 08 July 2020 14:03 WIB

Platform media sosial Twitter dimanfaatkan warganet untuk meluapkan kekecewaannya. Tagar Mendikbud Salah Urus menjadi topik populer.

Netizen mengaku kecewa dengan kebijakan yang akan diambil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, khususnya dalam mematenkan sistem belajar mengajar yang dilakukan secara daring kendati pandemi berakhir. Salah satunya cuitan pengguna bernama @yourbae856.

Dengan mengunggah screenshot artikel kebijakan tersebut dia menulis, “Di mana otak anda pak?,”.

Pernyataan @yourbae856 pun didukung oleh warganet yang lain. “Sudah saatnya re-shuffle kabinet total. #MendikbudSalahUrus,” tulis akun @iqbalfauzi272.

Selain itu, terdapat pula netizen yang mengaku tidak setuju dengan kebijakan tersebut lantaran tidak efektif. Akun @sweety_mu_20 memposting artikel anak kecil bermain ponsel pintar dan mencuitkan, “Gara-gara #MendikbudSalahUrus mantan bos ojek online, pembelajaran jarak jauh yang terpaksa dilakukan saat pandemi ada wacana dipermanenkan. Bukan hanya guru-guru yang tidak setuju, kami emak-emak juga sangat tidak setuju karena hasilnya tidak efektif,”.

Terakhir, ada yang menanyakan solusi dari orang yang tidak memiliki laptop maupun telepon pintar untuk pembelajaran online. “Jangan bayar spp sekalian. Belajar pakai internet juga butuh kuota banyak. Terus orang yang gak punya hp atau laptop harus kudu eottekhe? Seharusnya bagi-bagi internet gratis banyak-banyak. Kalau ulangan tinggal liat di brainly. #MendikbudSalahUrus”.

Mendikbud sendiri meminta guru dan wali murid beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Tak ayal, rencana Mendikbud ini menuai kritikan dari banyak pihak.

Lantas bagaimana respons Mendikbud terkait keluhan masyarakat ini? Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Mendikbud mengenai hal ini.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:58 WIB

Jangan Lupa, Sore Ini Pengumuman SBMPTN

Pendidikan

Peserta yang lolos SBMPTN diminta mencermati informasi perguruan tinggi.

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...