Tagar Indonesia Terserah trending di Twitter mengikuti aksi kekecewaan tenaga medis dan tenaga kesehatan di Indonesia tentang kebijakan pemerintah melawan covid-19. (Tangkapan layar/Ngopibareng.id)

Tagar Indonesia Terserah Trending di Twitter, Ini Awal Mulanya

Reportase 16 May 2020 10:50 WIB

Tanda pagar Indonesia Terserah ramai di Twitter. Tanda pagar ini telah digunakan sedikitnya 27 ribu kali ketika berita diunggah. Dari percakapan yang ada, diketahui tagar tersebut pada awalnya banyak digunakan oleh tenaga medis yang kecewa dengan sejumlah kebijakan Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi covid-19.

Salah satu berita yang banyak dirujuk oleh warganet pengguna tagar Indonesia Terserah adalah berita tentang protes tenaga medis di Indonesia. Mereka menyayangkan kebijakan Pemerintah Indonesia dengan membagi foto diri sambil membawa tulisan Indonesia Terserah dan dibagikan di media sosial.

Akun centang biru milik jurnalis sekaligus aktivis hak asasi manusia (HAM) Andreas Harsono menulis “Sejumlah tenaga medis menumpahkan kekesalan terhadap apa yang mereka sebut sebagai kebijakan pemerintah yang "berpotensi memperluas penyebaran vovid-19" dengan menggunakan tagar #Indonesiaterserah", tulisnya sambil mengunggah berita tentang peristiwa itu.

Dikutip dari BBC Indonesia, beberapa kebijakan yang disayangkan tenaga medis adalah larangan mudik yang dianggap parsial, juga kebijakan Gugus Tugas yang membolehkan pekerja berusia di bawah 45 tahun untuk kembali ke kantor.

Komentar lain menggunakan tanda pagar itu juga banyak muncul di Twitter. Akun seperti @ZulfikarZulfie menuliskan "Wajar bila dokter dan tenaga medis lainnya pun akhirnya mengatakan #TerserahIndonesia bila musuhnya adalah kebodohan" sambil menggunakan tagar Indonesia Terserah dan mengunggah gambar tentang tenaga medis.

Sebelumnya peraturan Kementerian Perhubungan yang membuka akses transportasi udara dan darat secara penuh untuk kebutuhan logistik dan perpindahan orang yang berkaitan dengan penanganan covid-19 banyak menuai kecaman. Kebijakan ini dinilai tumpang tindih dengan penerapan PSBB, serta memunculkan pelanggaran lain, seperti surat keterangan sehat yang dipalsu dan disalahgunakan.

Berikutnya Aturan dari Gugus Tugas Pemerintah Pusat yang membolehkan pekerja berusia di bawah 45 tahun bekerja dengan masuk kantor kembali. Aturan ini juga banyak memancing polemik baik dari pekerja ataupun masyarakat pada umumnya.

Tanda pagar Indonesia Terserah telah digunakan sejak Junat 15 Mei 2020.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 23:00 WIB

Boneka Baru BTS sudah Bisa Dipesan di Aplikasi Digital

ngopiK-pop

ARMY, fans BTS, di Indonesia sudah bisa pesan boneka terbaru BTS.

12 Aug 2020 22:35 WIB

Satu Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Terpapar Covid-19

Jawa Timur

Terdapat tambahan tujuh kasus Covid-19 baru di Banyuwangi.

12 Aug 2020 22:15 WIB

Surabaya Zona Orange, Pemkot Tak Ingin Longgarkan Protokol Covid

Surabaya

Pemkot Surabaya tetap mengimbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...