Tabligh Akbar UAS di Belanda juga Dibatalkan

10 Oct 2019 09:18 Nasional

Jadwal ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) sering dibatalkan panitia. Dalam sepekan ini saja ada dua panitia membatalkan agenda ceramah ustadz kelahiran Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 itu, yakni di Kudus, Jawa Tengah dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta.

Poster UAS sudah beredar. Dia dijadwalkan mengisi tabligh akbar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah. Acara itu mengusung tema "Urip Iku Urup", pada Rabu 9 Oktober 2019.

Pada hari yang telah dijadwalkan, UAS memang datang ke Kudus. Namun dia batal mengisi tabligh akbar. UAS hadir dalam lelang lukisan karya santri Ponpes ABK Al Achsaniyyah dan ziarah makam Sunan Kudus.

Ini bukan pertama kali pengajian UAS dibatalkan di kota kretek tersebut. Tahun 2018 agenda ceramah Ustaz lulusan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko tahun 2008 itu juga dibatalkan.

Dalam waktu hampir bersamaan, Rektorat UGM juga membatalkan kuliah umum UAS yang rencananya akan digelar pada akhir pekan ini, Sabtu 12 Oktober 2019.

Selain dua agenda tersebut hari ini juga beredar kabar pembatalan agenda ceramah UAS di Amsterdam, Belanda.

Pembatalan tersebut disampaikan melalui surat pemberitahuan yang diterbitkan oleh Persatuan Pemuda Muslim se-Europa (PPME) Al-Ikhlash Amsterdam.

Surat pemberitahuan itu ditandatangani oleh ketua PPME Hansyah Iskandar Putera beserta wakilnya Hasanul Hasibuan.

Dalam surat itu tertulis acara 'Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad dan penggalangan dana', yang rencananya diselenggarakan di Westermoskee Aya Sofya, Amsterdam, Sabtu 19 Oktober 2019, dibatalkan.

"Mengingat situasi dan keadaan yang semakin tidak kondusif dan setelah melalui banyak pertimbangan maka dengan ini kami memutuskan bahwa acara tersebut 'DIBATALKAN'. Keputusan ini kami lakukan untuk menjaga ketenangan jamaah PPME Al-Ikhlash Amsterdam," tulis dalam surat.

Selain itu, di dalam surat juga tertulis bahwa panitia acara akan mengembalikan biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan oleh peserta.

"Untuk jemaah yang telah mendaftar, panitia akan secepatnya mengembalikan biaya pendaftaran secara kontan atau lewat rekening bank," demikian dikutip dari surat.

Penundaan ceramah UAS oleh panitia sudah sering terjadi. Akhir Agustus lalu misalnya, ceramah UAS di Siantar terkait peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah juga dibatalkan.

Sebab waktu yang dimiliki UAS yang saat itu juga mengisi pengajian di Masjid Agung Pardagangan, Simalungun tak cukup untuk menuju Siantar dalam waktu singkat.

Tahun-tahun sebelumnya juga beberapa kali terjadi panitia membatalkan agenda ceramah ustadz lulusan Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko dan Al-Azhar University, Mesir itu. Misalnya, di Semarang, Malang, Solo, Boyolali, Jombang, dan Kediri.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini