Syed Saddiq Menteri Termuda di Malaysia

Internasional 04 July 2018 06:49 WIB

Syed Saddiq Abdul Rahman resmi menjadi Menteri Belia dan Sukan (Menteri Pemuda dan Olahraga), usai dilantik Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad, Senin 2 Juli 2018.

Syed lahir di Johor dan berasal dari keluarga kelas menengah. Ia mulai dilihat sebagai pembicara ulung yang menjadi bahan diskusi ketika menolak UMNO dan memilih ‘pecahannya’, Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang merupakan bagian dari koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Mahathir Mohamad.

Syed bahkan menolak kesempatan beasiswa S-3 ke Oxford untuk bertarung dalam perebutan kursi parlemen di Muar, negara bagian Johor. Muar, yang awalnya dianggap sebagai basis kuat UMNO, ternyata bisa ditaklukkan Syed yang meraup 6.953 suara.

Tak sampai di situ, pemenang Asia’s Best Speaker ini ikut berpartisipasi aktif dan membantu para politisi senior lebih terhubung dan mudah disentuh konstituen mereka.

Syed, sejak saat itu, hampir selalu terlihat bersama Mahathir baik dalam berbagai jumpa pers atau berbagai unggahan di media sosial.

Dalam beberapa kesempatan, pemenang Asian British Parlimantary Debating Championship ini juga berperan menjadi pengelola siaran langsung tanya jawab dengan Dr. M (panggilan Mahathir) lewat Facebook yang banyak menarik perhatian para pemuda negeri itu.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 19:15 WIB

Malaysia Sumbang Rp3 Miliar untuk Ledakan Beirut

Internasional

Sumbangan sebagai bentuk dukungan pada warga Lebanon.

07 Aug 2020 13:26 WIB

Mantan Menteri Keuangan Malaysia Didakwa Minta Komisi 10 Persen

Internasional

Lim Guan Eng, 60 tahun, menteri keuangan di jaman pemerintahan Mahathir.

01 Aug 2020 13:00 WIB

Di Malaysia Tanpa Masker Kena Denda Rp 3,4 Juta

Internasional

Peraturan mulai diterapkan hari ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...