Susunan Kabinet Diumumkan Senin Sebelum Wapres ke Jepang

20 Oct 2019 17:18 Nasional

Hari pertama KH Ma'ruf Amin menjadi Wakil Presiden langsung akan berangkat ke Jepang. Ma'ruf akan mewakili Presiden Jokowi untuk menghadiri acara penobatan Kaisar Jepang Naruhito.

"Pokoknya nanti, Senin sorenya 21 Oktober 2019, Pak Kiai Ma'ruf Amin harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar, ke Jepang," kata Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019.

Ma'ruf akan berangkat ke Jepang pada Senin sore besok. Sebelum berangkat ke Jepang, ada peristiwa penting, yakni pengumuman nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. 

"Besok pagi saya kenalkan," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo tadi sebelum menjalani pelantikan sempat menerima kunjungan kehormatan berturut-turut dari sejumlah pemimpin negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta. Para pimpinan negara sahabat tersebut juga menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pimpinan negara sahabat yang diterima presiden sebelum acara pelantikan ialah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Presiden beserta Ibu Negara Iriana menyambut kedatangan Sultan Brunei di sisi barat Istana Merdeka.

Saat penyambutan tersebut, Kepala Negara tampak didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden dengan didampingi Ibu Negara kemudian melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei di ruang kredensial Istana Merdeka.

Selepas itu, Presiden Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta istri, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong beserta istri, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Mswati III beserta istri.

Kunjungan sejumlah pemimpin negara sahabat tersebut utamanya dimaksudkan untuk secara langsung menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo yang telah dipercaya untuk kembali memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024 mendatang.

"Pembicaraan yang disampaikan adalah beliau-beliau, para tamu, menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden untuk masa jabatan berikutnya dan beliau semuanya yakin bahwa presiden dan wakil presiden akan dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya di Istana Merdeka.

Selain menyampaikan ucapan selamat, para tamu negara tersebut juga membicarakan peningkatan kerja sama bilateral, utamanya di bidang ekonomi, dengan Indonesia.

"Presiden juga menyampaikan komitmen yang sama bahwa ke depan Indonesia akan terus memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara tersebut," kata Retno.

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini