Susi Pudjiastuti Populer Dibanding Menteri Jokowi Lainnya

04 Jul 2019 09:53 Ngopitainment

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan susunan Kabinet Kerja di halaman Istana Negara, Jakarta, pada 26 Oktober 2014. Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla (JK) ini pernah direshuffle tiga kali, yakni pada tanggal 12 Agustus 2015, 27 April 2016, dan 17 Januari 2018. Kabinet Kerja terdiri dari 30 menteri, 4 Menteri Koordinator (Menko) serta 8 pejabat setingkat menteri.

Peneliti Digital Intelligence Lab dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Treviliana Eka Putri mengungkap, popularitas para menteri Kabinet Kerja dari riset platform digital seperti dari Twitter, Instagram, Google Trends, dan berita-berita daring.

Popularitas para menteri juga dipengaruhi oleh isu. Sebagai contoh, menurut Treviliana, Menteri BUMN Rini Soemarno menjadi nama yang paling populer saat muncul isu rencana untuk mengganti BUMN dengan super holding. Temuan ini menjadi menarik mengingat Menteri Rini sendiri tidak memiliki akun media sosial pribadi.

Dari 34 Menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja, terdapat tiga Menteri yang sama sekali tidak memiliki dan menggunakan akun media sosial Twitter dan Instagram.

Berikut ini daftar popularitas para menteri Jokowi-JK merujuk pada besarnya jumlah pengikut akun media sosial Instagram dan Twitter, seperti diungkap oleh CfDS UGM.

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang paling populer di kalangan Kabinet Kerja. Totalnya mencapai angka 2,3 juta pengikut di Instagram @susipudjiastuti115. Sedangkan akun Twitter Susi Pudjiastuti mempunyai followers 983 ribu.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani: 1,4 juta pengikut

3. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi: 68 ribu pengikut

4. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto: 53 ribu pengikut

5. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito: 43 ribu pengikut

6. Menteri ATR Sofyan Djalil: 37 ribu pengikut

7. Menteri Pertanina Amran Sulaiman: 17 ribu pengikut

8. Menteri ESDM Ignasius Jonan: 15 ribu pengikut

9. Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga: 11 ribu pengikut

10. Menteri PPN Bambang Brodjonegoro: 2 ribu pengikut.

11. Menko Perekonomian Darmin Nasution: 541 pengikut

12. Menko Maritim Luhur Binsar Panjaitan

13. Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono

14. Menteri BUMN Rini Soemarno

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini