Susah Tidur Termasuk Gejala Bipolar

18 Jul 2018 22:45 SapaDokter

Gangguan bipolar merupakan gangguan  mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Gangguan yang ditandai dengan perubahan suasana hati berupa mania dan depresi ini ternyata cukup banyak penderitanya.

Diketahui, kini penderita bipolar semakin beragam dan mulai merambah usia muda seperti remaja. Beberapa gejala bipolar ditandai dengan perubahan suasana hati yang cepat.

Namun,  itu rupanya tak cuma gejalanya. Ada beberapa gejala bipolar yang sering diabaikan karena dianggap tidak berhubungan. Dilansir dari laman Reder’s Digest, berikut penjelasannya:

Tak bisa tidur

Kondisi ini sering disebut dengan insomnia. Tapi ketika seseorang menderita depresi, insomnia bukanlah sekedar gangguan tidur, melainkan juga sebagai gejala gangguan mental.

Dalam fase mania, gangguan bipolar seseorang akan mengalami kesulitan tidur yang parah, bahkan bisa sampai berhari-hari.

Sangat percaya diri

Rasa percaya diri memang diperlukan. Namun pada penderita bipolar ia memiliki rasa percaya diri yang berlebih, bukan pengambil keputusan yang tepat. Mereka biasanya bertindak tanpa pikir panjang.

Sangat mudah marah

Marah merupakan salah satu bentuk emosi yang wajar dirasakan. Namun pada penderita bipolar, marah terkadang terjadi tanpa alasan. Atau bahkan hanya karena hal kecil, mereka bisa sangat marah dengan mudah.

Pada penderita bipolar, marah adalah reaksi alami dari frustasi.

Penulis : Amanah Nur Asiah


Bagikan artikel ini