Susah Tidur? Ini 5 Cara Agar Tidurmu Nyenyak

Ngopibareng.id Tips 16 March 2018 21:54 WIB

Kurang tidur tidak hanya membuat ngantuk seharian, tapi juga bisa mengundang berbagai jenis penyakit. Agar tubuh tetap sehat dan tidak ngantuk di siang hari, tubuh kita tentu membutuhkan tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

Maka dari itu, tubuh kita memerlukan waktu tidur yang berkualitas. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat tertidur dengan nyenyak.

 

Hindari Kafein

Kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak begitu saja dikeluarkan dengan cepat. Kafein akan bertahan di dalam tubuh setidaknya lima hingga delapan jam. Karena itulah salah satu faktor penyebab kesulitan tidur.

Jadi, jika kamu mau tidur nyenyak, cara yang pertama adalah, hindari mengonsumsi minuman berkafein. Misalnya saja seperti kopi, minuman bersoda, atau teh.

 

Hindari merokok sebelum tidurHindari merokok sebelum tidur.

Hindari Merokok Sebelum Tidur

Seperti kafein, ternyata nikotin juga dapat memberikan efek yang sama terhadap tubuh. Zat berbahaya yang tekandung dalam rokok dapat membuat kamu sulit tidur.

Meski merokok dapat memberikan rasa tenang, sebaiknya hindarilah merokok sebelum tidur. Lagipula, selain bisa membuatmu kesulitan tidur, merokok juga tidak baik untuk kesehatan.

 

Mandi sebelum tidur teryata dapat membuat kita tidur nyenyakMandi sebelum tidur teryata dapat membuat kita tidur nyenyak.

Mandi Sebelum Tidur

Lelah kerja seharian jangan dijadikan alasan untuk kamu tidak mandi. Karena ternyata, mandi di malam hari sebelum tidur dapat menjadi cara mengatasi susah tidur dan membuat kita tidur lebih nyenyak.

Mandilah dengan air hangat dan gunakan sabun dengan aroma yang menenangkan seperti chamomile. Harum chamomile dan hangatnya air dapat membuat tubuhmu menjadi lebih rileks, dan kamu pun bisa tertidur dengan nyenyak.

 

Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi

Untuk membantu kamu tidur nyenyak, kamu perlu mengonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang bisa mempermudah proses tidurmu.

Misalnya makanan yang mengandung selenium (kacang-kacangan, kerang, ikan tuna, dan ikan kod), vitamin C (stroberi, pepaya, nanas, brokoli, buah-buahan sitrus), dan likopen (semangka, tomat, dan pepaya).

 

Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa tenang, senang, mengurangi stres, menjadi pereda rasa sakit, dan dapat mempermudah tidur.

Meski olahraga dipercaya mampu mempermudah tidur, memilih waktu yang tepat untuk berolahraga merupakan hal yang penting. Pasalnya, sebagian orang justru merasa lebih segar dan sulit tidur setelah olahraga.

Selain kelima hal di atas, guna mendapatkan tidur nyenyak, kamu juga perlu menghindari beberapa hal lain yang dapat mengganggu proses tidurmu. Misalnya seperti tidur siang yang terlalu lama, kamar yang berantakan, dan terlalu terang.

Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal yang sangat penting kamu perhatikan baik-baik. Akibat kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan fisikmu dan mengganggu kesehatan fungsi otak berjalan dengan baik.

 

Mulai sekarang, hindari begadang dan mulailah melakukan beberapa cara tidur nyenyak di atas agar tidurmu lebih berkualitas dan kesehatanmu tetap terjaga.

Penulis : Amanah Nur Asiah

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Oct 2020 06:00 WIB

Waspada Covid-19 dengan 3M

Nasional

Virus Covid-19 masih ada, masyarakat diminta patuhi protokol kesehatan 3M.

29 Oct 2020 05:40 WIB

Juve Tak Berkutik, Barcelona Menduduki Klasemen Puncak Grup G

Liga Champions

Barcelona menang 2-0 atas Juventus.

29 Oct 2020 05:22 WIB

MU Vs Leipzig: Setan Merah Pesta Gol 5-0

Liga Champions

Setan Merah pesta gol 5-0, Rashford hattrick.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...