Copa America 2019Susah Payah, Brasil Menang Adu Penalti Atas Paraguay

28 Jun 2019 10:37 Dunia

Timnas Brasil memastikan diri melaju ke semifinal Copa America setelah berhasil mengalahkan Paraguay lewat drama adu penalti 4-3 (0-0), Jumat 28 Juni 2019, di Arena do Gremio.

Dani Alves dkk yang difavoritkan memenangkan pertandingan ini harus susah payah sebelum laga ini harus diselesaikan dengan adu penalti.

Tim besutan Tite itu mutlak menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 70 persen berbanding 30 persen milik Paraguay. Namun permainan mereka tak efektif untuk membobol gawang Paraguay selama play on.

Brasil juga tercatat melayangkan 18 tembakan, dengan 8 di antaranya menemui target. Sementara Paraguay hanya melayangkan empat kali tembakan dan hanya satu mengarah ke gawang.

Kebuntuan dialami Brasil di sepanjang pertandingan. Hal ini tak lepas dari banyaknya peluang emas yang terbuang sia-sia lantaran lemahnya penyelesaian akhir barisan depan mereka.

Terus menyerang, Brasil tak mampu menyarangkan satu pun gol ke gawang Paraguay yang tampil disiplin menjaga pertahanan mereka. Hasilnya, laga harus dilanjutkan ke babak tos-tosan setelah laga berakhir dengan skor 0-0.

Di babak ini, dari lima algojo Brasil hanya Roberto Firmino yang gagal mengeksekusi penalti. Sementara dua eksekutor Paraguay, Gustavo Gomes dan Derlis Gonzales gagal menyarangkan bola. Brasil pun keluar sebagai pemenang (4-3).

 

Dengan kemenangan ini, Brasil melaju ke semifinal Copa America 2019.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini