Surya Paloh Yakin Nasdem Raih 14 Kursi DPR RI di Jatim

09 Feb 2019 18:20 Jawa Timur

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh yakin partainya bakal meraup suara terbanyak di Jawa Timur. Itu pun lebih banyak di provinsi ini, dibanding daerah-daerah lainnya, pada Pemilu 2019.

"Saya penuh keyakinan memperoleh kursi cukup besar (di Jatim) dibandingkan daerah lain di Jawa," kata Surya Paloh usai acara Temu Kader dan Caleg DPR RI, DPRD Jatim di kantor Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Jatim, Jalan Arjuno, Surabaya, Sabtu, 9 Februari 2019. 

Surya menargetkan, kadernya bisa mencuri satu kursi di 11 daerah pemilihan (dapil) untuk suara DPR RI di Jatim.  Namun khusus untuk dapil II, Kabupaten dan Kota Pasuruan, dan Probolinggo, ia yakin meraih tiga kursi.

"Kalau ada 11 dapil, paling tidak ada 14 kursi sedikitnya," kata Surya.

Sementara itu, secara nasional, Partai NasDem juga menargetkan perolehan suara lebih dari 100 kursi DPR RI.

"Kalau meleset dari target, kira-kira (kurang) dari 10 persen-lah," ujarnya.

Dari target 100 kursi itu, Surya tidak berharap banyak dari dapil di wilayah Jawa lainnya. Lantas ia berharap kadernya mampu memasok perolehan suara terbanyak dari daerah di luar Jawa.

"Untuk di Jawa ini saya nggak berharap banyak. Dapat 40 kursi sudah cukup," ujarnya.

Ia membeberkan sejumlah alasan kenapa perolehan suara dari dapil di luar Jawa diharapkan lebih banyak dibandingkan di Jawa.

"Pertama, karena dapilnya di luar Jawa lebih besar. Di sini (Jawa) kan hanya 39 dapil. Di luar Jawa ada 41 dapil. Kedua, memang penerimaan masyarakat terhadap Partai NaDem di luar Jawa lebih besar dibandingkan di Pulau Jawa," katanya.

Surya Paloh berharap kemenangan di Pemilu 2019 ini seiring dengan kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Ya bagi NasDem sama, harus dipararelkan sejalan dengan kemenangan Pilpres. Karena ini pemilu pertama serentak di negeri kita," kata dia.

Ia menerangkan, dengan 5 kertas suara yang dipegang oleh setiap para pemilih yang masuk ke bilik suara, dimungkinkan masyarakat akan timbul kebingungan dan macam-macam.

"Tapi kita yakin, pemilih-pemilih cukup mempunyai pemahaman, pengetahuan. Insyaallah tidak akan menimbulkan katakaanlah kegaduhan sehingga pemilu ini berjalan dengan sukses aman dan terpilihnya kembali capres kita," pungkasnya. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini