Survei: ASN Kerja Setengah Hati Layani Pebisnis

13 Feb 2019 16:02 Pemerintahan

Survei ini mungkin bisa menjadi bahan evaluasi pemerintah. Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia terkait sektor privat menunjukkan, masih ada aparatur negara masih bekerja setengah hati dan tidak responsif dalam membantu pebisnis menjalankan usahanya.

"Berdasarkan survei, banyak yang menilai aparat negara menjalankan tugas setengah hati, tidak responsif, dan tidak menguasai pekerjaan," ujar peneliti LSI, Ahmad Khoirul Umam, dalam pemaparan survei, di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 149 responden dari berbagai daerah dan latar belakang, melalui wawancara tatap muka, sebanyak 58 persen responden menilai aparat negara bekerja setengah hati dalam tugasnya membantu pebisnis.

Sebanyak 50 persen responden juga menilai aparat negara tidak responsif bekerja membantu pebisnis dan tidak menguasai pekerjaan.

Meskipun demikian, 66 persen responden percaya aparat negara bisa membantunya menyelesaikan masalah, dan bekerja sesuai prosedur resmi.

Ia mengatakan, hasil survei ini tidak ditujukan untuk membuat generalisasi terhadap populasi karena pengambilan contoh dilakukan secara non-probabilistik. (ant)

Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini