Survei : 72,6% Masyarakat Yakin Jokowi-JK Mampu Bawa Indonesia Jauh Lebih Baik

11 Oct 2017 18:50 Politik

Jakarta : Hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia menunjukkan mayoritas publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla selama tiga tahun terakhir. Survei sendiri digelar pada 17-24 September 2017.

Dari hasil survei itu menunjukkan jika sebanyak 60,39 persen responden menyatakan cukup puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-JK. Sementara 7,95 persen responden menyatakan sangat puas.

"Kalau ditotal, 68,3 persen responden kita sangat puas atau cukup puas dengan kinerja Jokowi-JK," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam keterangan persnya, Rabu 11 Oktober 2017.

Sedangkan responden yang mengaku kurang puas atas kinerja Jokowi-JK hanya 27,23 persen. Adapun responden yang menyatakan tidak puas sama sekali 2,26 persen. Sehingga jika dijumlahkan, totalnya 29,5 persen responden yang tidak puas.

Kepuasan masyarakat ini sejalan dengan keyakinan bahwa Jokowi-JK bisa memimpin Indonesia menjadi lebih baik pada tahun mendatang.

Sebanyak 72,6 persen masyarakat yakin Jokowi-JK akan memimpin Indonesia menjadi lebih baik. Hanya 22,6 persen yang menjawab tidak yakin.

Burhanuddin mengatakan, kepuasan dan keyakinan masyarakat ini didasari oleh sejumlah hal.

Misalnya, membangun jalan umum (72 persen), membuat layanan kesehatan terjangkau (65 persen), membangun sarana transportasi umum (60 persen) dan membangun jalan tol luar Jawa (56 persen).

Namun, kepuasan masyarakat minim di sejumlah bidang, seperti membuat harga kebutuhan pokok terjangkau (34 persen), mengurangi jumlah orang miskin (32 persen), menyediakan lapangan kerja (30 persen), dan mengurangi pengangguran (27 persen).

Adapun, survei ini menggunakan multistage random sampling dengan 1.220 responden di seluruh wilayah Indonesia. Margin of error sekitar 2,9 persen. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini